Jatuh Bangun Kelola Perusahaan Organik Kelas Dunia

Ade Hapsari Lestarini    •    Minggu, 16 Jul 2017 09:15 WIB
dunia usaha
Jatuh Bangun Kelola Perusahaan Organik Kelas Dunia
Datuk Stella. (Foto: dokumentasi pribadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjadi seorang wirausaha merupakan impian setiap orang. Dibutuhkan sebuah niat yang teguh untuk bisa memantapkan diri menjalankan sebuah bisnis.

Adalah Datuk Stella Chin, pebisnis wanita asal Malaysia yang membangun perusahaan organik berkelas dunia, MELILEA International Group of Companies, yang tersebar di berbagai Negara di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia.

Wanita asal Negeri Jiran ini lahir dari keluarga yang tidak berada. Ayah dari Datuk Stella hanya lah seorang supir dan ibunya adalah seorang penjaga warung. Keadaan ekonomi yang serba terbatas ini, membuat Datuk Stella kecil berkeyakinan bahwa hanya dengan pendidikan, mereka dapat keluar dari permasalahan ekonomi tersebut. Hal ini memacu bungsu dari empat bersaudara itu selalu giat belajar hingga meraih banyak prestasi di sekolahnya.

Semakin beranjak dewasa, insting bisnisnya makin terasah. Setelah menikah di usianya yang ke-21 tahun, bersama Datuk Alan Wong -sang suami- yang saat itu masih berprofesi sebagai pekerja kantoran, mereka pun mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan membuka bisnis di negeri sejuta pagoda, Thailand. Dia mengerahkan semua keberanian untuk mengubah hidupnya.

Pasangan ini memulai bisnisnya dengan modal yang nyaris nol hingga akhirnya bisa menjadikan perusahaan tersebut sebagai sebuah perusahaan yang cukup disegani di kawasan regional setempat. Kini, perusahaan yang semula masuk dalam kategori UKM telah merambah ke berbagai negara di Asia Pasifik seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Taiwan, Vietnam, dan Thailand.

Niat membangun bisnis pun tak semulus yang diharapkannya. Dalam perjalanan bisnisnya, pasangan ini harus menelan pahitnya ditipu, bangkrut atau pun diremehkan banyak orang. Tak gentar, setelah beberapa kali mengalami jatuh bangun, akhirnya mereka pun menjadi lebih kuat hingga dapat membangun kerajaan bisnis yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Atas usaha dan kerja kerasnya ini, dia telah menjadi Executive President di MELILEA International Group of Companies. Bahkan telah menghantarkan Datuk Stella menjadi wanita Asia pertama yang mendapatkan penghargaan Stevie Awards pada 2015 di empat kategori sekaligus. Di dalam dunia bisnis, penghargaan Stevie Awards adalah penghargaan internasional yang cukup bergengsi.

Pemenang ESQR AWARD 2015 pada kategori "The International Diamond Award for Excellence Quality", di Vienna, Austria ini membuktikan bahwa setiap wanita memiliki kapasitas yang besar. Seorang wanita tidak harus memilih antara karier dan rumah tangganya karena mereka dapat melakoni kedua peran tersebut, jika mampu menempatkan diri dan menyesuaikan pola pikirnya secara lebih luwes.

Datuk Stella pun melakoni dua 'pekerjaan' sekaligus, sebagai seorang wanita karier dengan segudang kesibukan di dunia bisnis, dan juga perannya sebagai seorang istri sekaligus ibu dari empat orang anak yang telah beranjak dewasa.

"Masih banyak wanita yang belum menyadari kemampuan besar yang ada di dalam dirinya," tutur dia.

Hal ini kemudian mendorong Datuk Stella mendirikan Stellavingze International, sebuah organisasi yang berfokus pada upaya pengembangan diri wanita melalui pendidikan. Tujuan dari organisasi ini adalah agar setiap wanita dapat menemukan kembali kapasitas diri mereka masing-masing dan mampu mengembangkannya.

Dia pun menerapkan empat kunci utama kepada anggota organisasinya untuk memaknai hidup yang sebenarnya, yaitu success (kesuksesan), transformation (transformasi), achievement (pencapaian), dan recognation (penghargaan).


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA