BUMN Kolaborasi Bangun Sistem Pembayaran QR Code

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 08 Jan 2019 06:33 WIB
bumnkementerian bumnQR Code
BUMN Kolaborasi Bangun Sistem Pembayaran QR Code
Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmojo (MI/Susanto)

Jakarta: Sistem pembayaran yang mudah menggunakan QR Code menjadi misi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk berkolaborasi membentuk perusahaan teknologi keuangan (fintech). Kolaborasi itu dengan tujuan menyempurnakan layanan pembayaran tersebut.

"Memang ada rencana untuk bank BUMN, Himbara ya bersama beberapa BUMN seperti Telkom, Pertamina, dan satu fintech baru yang nanti akan fokus pada sistem pembayaran berbasis QR," kata Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo, di Kantor Pusat Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.

Tiko, biasa ia disapa, menjelaskan, sistem itu sudah disepakati dan tengah dimatangkan. Rencananya sistem pembayaran QR Code perusahaan BUMN akan diluncurkan pada kuartal I-2019.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas menambahkan, dalam membuat sistem pembayaran itu akan melibatkan seluruh bank Himbara dan beberapa perusahaan BUMN. Diharapkan melalui sistem pembayaran itu dapat mengefisiensikan proses transaksi.

"Insyaallah gabung lah Pertamina dan Telekom karena mereka juga butuh sistem pembayaran," kata Rohan.

Tak lama usai konferensi pers mengenai hasil RUPSLB Bank Mandiri, sejumlah direksi BUMN dan Menteri BUMN Rini Soemarno tampak hadir di Kantor Pusat Bank Mandiri. Mereka mengaku telah melakukan rapat mengenai rencana pembayaran sistem QR Code.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, untuk pembayaran dengan sistem QR Code, Pertamina menyerahkan kepada Himbara dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Telekomunikasi Indonesia akan membangun sistem pembayaran tersebut.

"Kita sih ikut aja. Karena kan yang membangun itu bukan kita, tapi Telekomunikasi," pungkas Nicke.


(ABD)


Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan
Akhiri Perang Dagang

Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan

1 day Ago

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakata…

BERITA LAINNYA