Luhut Minta Airbus Buat Komponen Pesawat di Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Senin, 04 Feb 2019 14:48 WIB
bisnis maskapailuhut panjaitan
Luhut Minta Airbus Buat Komponen Pesawat di Indonesia
Illustrasi. Dok : AFP.

Jakarta: Airbus berencana untuk berbisnis perawatan pesawat di Indonesia. President Asia-Pacific Air Bus, Jean Marc Nasr telah bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk sowan membicarakan rencana tersebut.

Usai bertemu dengan Jean Marc Nasr, Luhut meminta kepada produsen pesawat asal Perancis tersebut untuk memproduksi komponen pesawat di Indonesia serta menggandeng perusahaan lokal yaitu PT Dirgantara Indonesia.

"Mereka mau masuk dan saya minta mereka juga untuk buat bagian pesawat itu di Dirgantara Indonesia," kata Luhut di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin, 4 Februari 2019.

Luhut meminta hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan untuk lebih meningkatkan dan memajukan industri dalam negeri. Selain itu, Luhut juga mengungkapkan, dia meminta kepada Airbus supaya menggunakan ban pesawat buatan Indonesia. Menurutnya, dengan menggunakan ban pesawat buatan dalam negeri akan menyerap produksi karet Indonesia.

"Kemudian mereka juga kita minta ban-ban pesawat mereka itu dibuat di indonesia. Pakai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Sehingga karet bisa diserap," jelas dia.

Sejauh ini, kata Luhut, pihak Airbus senang dan tertarik dengan Indonesia. Menurut Airbus, Indonesia adalah pasar yang sangat penting.

"Dia akan maintenance, nanti kerja sama dengan Indonesia termasuk buat untuk bagian pesawat yang bisa diproduksi di Dirgantara Indonesia," tutur dia.

Namun demikian, lanjut mantan Menko Polhukam itu, pihak Airbus belum secara rinci menyebutkan jumlah investasi yang akan dikucurkan dalam merealisasikan rencana tersebut. Pada April, pihak Airbus baru akan memberikan usulan konkret mengenai rencananya.

"Belum tau, belum bicara ke situ tapi segera mau mereka proses. April mereka akan datang usulan yang konkret, dalam dua bulan ke depan," pungkas dia.


 


(SAW)