BNI Pakai WeChat dan Alipay sebagai Dompet Digital

Husen Miftahudin    •    Selasa, 06 Nov 2018 19:30 WIB
bniwechat
BNI Pakai WeChat dan Alipay sebagai Dompet Digital
Wechat. Dok :AFP.

Jakarta: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berharap proses kerja sama dengan WeChat dan Alipay bisa kelar akhir November 2018 ini. Namun demikian, BNI akan tetap menunggu restu dari Bank Indonesia (BI) untuk mengoperasionalkan kedua dompet digital tersebut.

"Belum ada persis targetnya, tapi yang pasti harapannya kalau di November ini bisa semuanya review, oke. Dan utamanya kita kan harus governance dan a line (sejalan) dengan regulator," kata Direktur Manajemen Risiko BNI Bob Tyasika Ananta di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 6 November 2018.

Hingga saat ini, akunya, proses kerja sama antara BNI dengan WeChat dan Alipay masih dalam konteks peninjauan. "Masih dalam konteks review, masih belum final," tutur dia.

Meski demikian, bila proses kerja sama selesai, BNI bakal tetap menunggu izin resmi dari otoritas. "Kalau kemudian izin dari regulatornya belum selesai, ya kita enggak jalan," tegasnya.

Menurut Bob, pihaknya membuka peluang kerja sama dengan WeChat dan Alipay lantaran besarnya potensi wisatawan asal Tiongkok yang datang ke Indonesia. Terlebih, wisatawan Negeri Tirai Bambu tersebut terbiasa bertransaksi menggunakan dompet digital.

"Itu kan sebisa mungkin kita tangkap masuk ke dalam sistem perbankan kita. Di situ memang ada perputaran pembayaran yang terjadi di domestik, tapi kemudian belum sepenuhnya ditangkap oleh perbankan nasional," pungkas Bob.

BI sebelumnya meminta sistem pembayaran berbasis peladen seperti WeChat dan Alipay bisa berkolaborasi dengan bank-bank nasional. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), wisatawan mancanegara asal Tiongkok mencapai 1,048 juta orang hingga semester I-2018. WeChat dan Alipay kemudian merespons. Kedua dompet digital asal Tiongkok itu akhirnya memilih BNI untuk mengoperasionalkan dompet digital mereka.


(SAW)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA