Wapres: Sebagian Besar Anggaran IMF untuk Infrastruktur Bali

Dheri Agriesta    •    Selasa, 09 Oct 2018 20:45 WIB
IMF-World Bank
Wapres: Sebagian Besar Anggaran IMF untuk Infrastruktur Bali
Acara IMF - Bank Dunia di Bali. Medcom/Annisa Ayu.

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menjawab tudingan besaran biaya yang dikeluarkan pemerintah dalam mempersiapkan pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF). Kalla menyebut sebagian besar dari anggaran sebesar Rp800 miliar itu digunakan untuk perbaikan infrastruktur.

"Itu sebagian besar untuk perbaikan infrastruktur yang ada di Bali, ya jalan, underpass, perbaikan bandara," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Oktober 2018.

Kalla menyebut sebagian lainnya merupakan biaya untuk penyelenggaraan. Namun, pemerintah tak membiayai biaya tamu undangan yang datang dari penjuru negeri itu. Kalla menyebut para tamu menanggung biaya akomodasi dan ongkos mereka sendiri.

Pertemuan tahunan IMF berbeda dengan perhelatan Asian Games 2018. Saat Asian Games 2018, pemerintah mengeluarkan banyak uang karena menanggung seluruh biaya, hingga para kontingen.

baca : Indonesia Butuh Lebih Banyak Infrastruktur

"Kalau ini mereka orang-orang kaya, semua biaya sendiri, makan bayar sendiri, hotel bayar sendiri, yang diperbaiki itu perbaikan infrastruktur dan pelayanan kesehatan," jelas Kalla.

Penyelenggaran pertemuan tahunan ini pun sempat dikritisi kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Tapi, Kalla menyebut pertemuan ini akan memberikan keuntungan buat banyak pihak.

"Manfaatnya jauh lebih besar dibanding biaya yang dikeluarkan. Ya kalau namanya masa kampanye apa saja salah kan?" kata Kalla tersenyum.

Kalla mencontohkan keuntungan yang diperoleh dari pertemuan ini. Pariwisata dan ekonomi di Bali akan menggeliat karena banyaknya tamu yang datang dari luar negeri.

"Mereka kan belanja, tinggal di hotel, ada pajaknya. Hotel sekarang (jadi) mahal, tiba-tiba Rp10 juta semalam. Itu pajaknya 10 persen, pajak saja sejuta, jadi itu akan kembali (ke pemerintah) lewat lain, lewat pajak, lewat keuntungan orang bekerja," jelas Kalla.

 


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

5 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA