Aset 50 Orang Terkaya di Indonesia Naik Rp43,6 Triliun

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 14 Dec 2018 11:27 WIB
orang terkayadaftar forbes
Aset 50 Orang Terkaya di Indonesia Naik Rp43,6 Triliun
Michael Bambang Hartono bertahan dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. (FOTO: AFP)

Jakarta: Forbes mencatat aset bersih 50 orang terkaya di Indonesia naik hingga USD3 miliar atau setara Rp43,6 triliun (kurs USD1 = Rp14.552 per USD) menjadi USD129 miliar.

Mengutip rilis Forbes, Jumat, 14 Desember 2018, kenaikan aset ditunjang pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan pasar modal setahun terakhir yang tumbuh sebesar 4,4 persen.

Adapun enam dari 10 orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan kekayaan dibandingkan tahun lalu, termasuk Hartono bersaudara yang sudah menempati peringkat terkaya selama 10 tahun terakhir.

Berikut daftar lima orang yang menduduki kekayaan tertinggi di Indonesia:

1. R Budi dan Michael Hartono

Dua bersaudara ini telah menempati peringkat orang terkaya selama 10 tahun terakhir. Tahun ini, total kekayaan Hartono bersaudara tercatat sebesar USD35 miliar, di mana sekitar 70 persen dari total kekayaannya berasal dari Bank Central Asia.

2. Susilo Wonowidjojo

Kekayaan Susilo Wonowidjojo naik ke posisi dua sebesar USD9,2 miliar akibat meningkatnya harga saham perusahaan rokok Gudang Garam.

3. Eka Tjipta Widjaja

Kekayaan Eka Tjipta Widjaja turun ke peringkat ketiga. Kekayaan pendiri Sinar Mas tahun ini berkurang sebesar USD500 juta menjadi USD8,6 miliar.

4. Sri Prakash Lohia

Sedangkan kekayaan Sri Prakash Lohia naik menjadi orang terkaya keempat dengan total kekayaan sebesar USD7,5 miliar. Kenaikan ini seiring dengan peningkatan nilai saham Indorama Ventures, perusahaan petrokimia yang terdaftar di bursa Thailand.

5. Anthoni Salim

Posisi kelima diduduki oleh Anthoni Salim. Kekayaan Anthoni Salim turun ke peringkat lima dengan total USD5,3 miliar.

Forbes mencatat pada tahun ini nilai aset bersih minimum dalam Forbes Indonesia Rich List adalah USD600 juta, naik sebesar USD150 juta dari aset minimum di 2017 dan merupakan pencapaian tertinggi sejak 2013.


(AHL)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

6 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA