Bangun Wilayah Perbatasan, Kementerian PUPR Anggarkan Rp624 Miliar

   •    Kamis, 02 Feb 2017 14:39 WIB
kementerian pekerjaan umum
Bangun Wilayah Perbatasan, Kementerian PUPR Anggarkan Rp624 Miliar
Infrastruktur (ANT/Irwansyah Putra).

Metrotvnews.com, Nunukan: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan dana sebesar Rp624 miliar untuk membangun infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Utara.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyatakan dana tersebut untuk membangun sejumlah ruas jalan dan jembatan menuju kawasan pedalaman di wilayah perbatasan yang masuk dalam skala prioritas.

"Pembangunan sejumlah infrastruktur di wilayah perbatasan akan terus ditingkatkan terutama pembukaan jalan darat agar perekonomian masyarakat di kawasan itu dapat meningkat," jelas dia, dikutip dari Antara, Kamis (2/2/2017).

Dia menjelaskan anggaran melalui APBN 2017  ini akan dipergunakan membangun jalan nonstatus sepanjang 15 kilometer (km) dari Long Pujungan hingga Long Jelet ditambah tiga kilometer di Desa Long Payau di Kabupaten Malinau. Kemudian pembangunan jembatan gantung di Sungai Bahau-Lud Birai, jembatan Sungai Kayan. Long Apung, Long Betau dan Jembatan Sungai Pengia-Long Betao Kabupaten Malinau.

Pembangunan jalan dan jembatan di wilayah perbatasan ini diharapkan dapat mengurangi keterisolasian yang menimbulkan permasalahan selama ini seperti ketergantungan kebutuhan pokok dari negara tetangga Malaysia.

"Ketergantungan tersebut dapat mengancam nasionalisme masyarakat di perbatasan karena terjadinya ketimpangan kualitas infrastruktur antara Indonesia dengan Malaysia di wilayah itu," jelas dia.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA