Upaya BPSDM Tingkatkan Kualitas PNS PUPR

Husen Miftahudin    •    Rabu, 23 Nov 2016 15:46 WIB
kementerian pekerjaan umum
Upaya BPSDM Tingkatkan Kualitas PNS PUPR
Illustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro).

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaku tengah menghadapi banyak tantangan yang harus diselesaikan. Di antaranya keterbatasan jumlah SDM teknis dan SDM yang kompeten serta potensi kualitas SDM yang belum terpetakan hingga kompetensi dan kinerja.

Kepala BPSDM Andreas Suhono mengungkapkan, pengembangan SDM yang belum maksimal membuat pihaknya perlu mengubah pola pikir Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari zona nyaman menjadi zona kompetitif.

"Daya saing global yang terus berubah membutuhkan insan PUPR yang berkualitas. BPSDM terus memaksimalkan pengembangan SDM Kementerian PUPR melalui pemetaan kompetensi dan potensi melalui asessment center, pengembangan pemantauan kinerja, pengembangan kompetensi, dan pengembangan jabatan fungsional," ujar Andreas dalam acara BPSDM Expo 2016 di Kementerian PUPR, Jalan Patimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/11/2016).

Selain itu, tambah dia, untuk meningkatkan kapasitas PNS PUPR melalui jalur pelatihan, juga akan dilakukan melalui jalur pendidikan. Kementerian PUPR telah bekerja sama dengan 14 perguruan tinggi mitra melalui program karyasiswa pendidikan kedinasan dan vokasi untuk PNS PUPR.

"BPSDM perlu terus meningkatkan insan PUPR yang profesional dan berintegritas. Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Aparatur Sipil Negara sebagai tulang punggung jalannya pemerintahan di Indonesia harus siap menghadapi persaingan dengan membangun birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang profesional," papar dia.

Dalam percepatan pembangunan infrastruktur dengan peningkatan kualitas SDM, BPSDM Kementerian PUPR menyelenggarakan BPSDM Expo dan Kolokium Pendidikan Kedinasan.

"Dengan adanya acara BPSDM Expo, pegawai di lingkungan Kementerian PUPR diharapkan bisa mengembangkan diri, merencanakan jenjang karirnya, serta memperoleh informasi mengenai beasiswa pendidikan kedinasan dan vokasi Kementerian PUPR," pungkas Andreas.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA