Swasta Minta Pemerintah Relokasi Industri ke Tempat Lebih Efisien

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 13 Jul 2018 17:27 WIB
pertumbuhan industri
Swasta Minta Pemerintah Relokasi Industri ke Tempat Lebih Efisien
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution‎ menuturkan pengusaha swasta berharap pemerintah mendukung relokasi industri ke tempat yang lebih efisien dan efektif. Hal ini bertujuan agar kegiatan sektor industri bisa lebih meningkat.

"Dari daerah yang UMP (Upah Minimum Provinsi)-nya tinggi ke daerah yang UMP-nya rendah. Menteri Perindustrian mengusulkan ada dukungan untuk mempermudah relokasi itu," ucap Darmin, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat, 13 Juli 2018.

Industri yang mengusulkan relokasi seperti tekstil, garmen, dan sepatu. Darmin enggan menyebutkan lokasi mana saja yang direncanakan sebagai tujuan industri. 

Namun demikian, dia menjelaskan tujuan relokasi ke ‎tempat yang memiliki UMP lebih rendah dari yang sebelumnya. "Itu inisiatif swasta, bukan pemerintah yang dorong-dorong. Kalau mereka melakukan itu, pasti mereka memindahkan mesin dan sebagainya, bukan cuma membuat bangunan," ucap Darmin.

Walaupun begitu, lanjut dia, pemerintah kini memiliki dukungan untuk bisa merestrukturisasi mesin-mesin yang telah tua. Dengan tujuan, agar kinerja industri bisa lebih produktif dan baik. ‎"Kami juga sedang evaluasi insentifnya yang pas apa," jelas Darmin.

Pada saat ini, pemerintah mempunyai amanat untuk mendorong ekspor. Peningkatan ekspor dilakukan demi mengurangi defisit neraca perdagangan di tahun ini.

Adapun jumlah impor sudah jauh lebih besar bila dibanding ekspor. Lalu peningkatan ekspor juga memiliki tujuan utama agar bisa menghadapi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok.‎


(AHL)


Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

6 hours Ago

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhenti beroperasi akibat k…

BERITA LAINNYA