BI: Serapan Tenaga Kerja Naik di Triwulan I-2018

Desi Angriani    •    Kamis, 12 Apr 2018 16:45 WIB
tenaga kerja
BI: Serapan Tenaga Kerja Naik di Triwulan I-2018
Tenaga kerja (ANT/Puspa Perwitasari).

Jakarta: Survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan peningkatan serapan tenaga kerja seiring perbaikan kinerja dunia usaha pada triwulan I-2018.

Kenaikan tingkat penggunaan tenaga kerja tercermin pada membaiknya kontraksi SBT jumlah tenaga kerja dari -0,89 persen pada triwulan IV-2017 menjadi -0,88 persen pada triwulan I-2018.

"Responden menyampaikan bahwa peningkatan jumlah karyawan tersebut selain didorong oleh peningkatan penjualan juga disebabkan oleh perluasan usaha," kata  Direktur Eksekutif Kepala Departemen Statistik BI Yati Kurniati dalam sebuah jumpa pers di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Berdasarkan sektor lapangan usaha, kata Yati, peningkatan serapan tenaga kerja terutama terjadi pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan dengan SBT 0,81 persen.

"Ini kan musim panen ya, disitu jadi salah satu faktor yang mendorong kenapa tenaga kerja meningkat," imbuh dia.

Selain itu, peningkatan penggunaan tenaga kerja juga seiring dengan peningkatan volume produksi. Pada triwulan II-2018 optimisme peningkatan kegiatan usaha  didukung oleh perkiraan tingkat penggunaan tenaga kerja sebagaimana tercermin dari SBT sebesar 5,29 persen.

Sementara peningkatan jumlah tenaga kerja diprediksi terjadi di sektor ekonomi, terutama terutama perdagangan, hotel dan restoran (SBT 1,40 persen), jasa-jasa (SBT 1,36 persen) dan keuangan, real estate dan jasa perusahaan (SBT 1,31 persen).

"Responden menyampaikan bahwa peningkatan jumlah karyawan tersebut selain didorong oleh peningkatan penjualan juga disebabkan oleh perluasan usaha," pungkasnya.

Adapun survei BI dilakukan pada 3.200 perusahaan di Indonesia yang omzetnya mencapai Rp2,5 miliar per tahun.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

11 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA