Lion Air Borong 50 Boeing 737 Senilai Rp85,7 Triliun

Desi Angriani    •    Selasa, 10 Apr 2018 18:04 WIB
boeinglion air
Lion Air Borong 50 Boeing 737 Senilai Rp85,7 Triliun
Lion Air Resmikan Pembelian 50 Pesawat Boeing 737 Max10 USD6,2 Miliar. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Maskapai Lion Air Grup resmi melakukan pembelian terhadap 50 unit Boeing 737 Max 10 dengan total nilai sebesar USD6,24 miliar atau setara Rp85,7 triliun. Pembelian ini merupakan kelanjutan dari komitmen Boeing dan Lion Air Group di Paris Air Show 2017.

Chief Executive Officer (CEO) Lion Air Group Edward Sirait mengatakan Lion Air menjadi pelanggan pertama yang melakukan pembelian versi terbaru Boeing 737 Max 10, setelah sebelumnya menjadi maskapai pengguna pertama di dunia yang mengoperasikan 737 MAX 8 dan pemesan pertama Boeing 737 MAX 9.

"Pesawat ini memberikan keuntungan yang lebih karena memiliki tingkat efisiensi tinggi dari segi bahan bakar, biaya operasional, dan berteknologi tinggi," katanya dalam sebuah jumpa pers di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa, 10 April 2018.

Ia menambahkan Lion Air Group adalah salah satu maskapai pengguna 737 Next-Generation terbesar di dunia yang sebelumnya telah memesan 201 unit Boeing MAX. Maskapai ini juga merupakan pemesan pertama dari 737 MAX 9 dan anak perusahaannya, Malindo Air yang berbasis di Malaysia adalah maskapai pertama yang menerima pengiriman dan mengoperasikan 737 MAX 8 dalam layanan komersial.

"Keluarga MAx akan memberikan solusi bagi Lion Air Group dalam mengembangkan dan menyediakan layanan dengan mengedepankan kenyamanan bagi pelanggan selama perjalanan udara, terutama di kawasan Asia Tenggara," tutur dia.

Di tempat yang sama, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan mengatakan pembelian 50 unit Boeing 737 Max 10 memperkuat kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Amerika.

Di sisi lain penambahan jumlah armada Lion memungkinkan angka pertumbuhan pariwisata di Indonesia semakin meningkat.

"Penerbangan adalah sektor yang penting bagi kedua negara kita dan perusahaan Amerika membantu membentuk tulang punggung sektor penerbangan di Indonesia," kata Joseph.

Seperti model Boeing 737 MAX lainnya, MAX 10 menggabungkan teknologi terkini CFM International LEAP-1B engine, sayap teknologi advanced, Boeing Sky Interior, display dek penerbangan besar, dan perbaikan lainnya untuk memberikan kenyamanan efisiensi, keandalan, dan kenyamanan penumpang tertinggi dalam pasar single-aisle ini.

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

11 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA