Pemerintah Fasilitasi KUR untuk Sektor Pariwisata

Cornelius Eko Susanto    •    Rabu, 08 Aug 2018 19:12 WIB
pariwisata
Pemerintah Fasilitasi KUR untuk Sektor Pariwisata
Pariwisata Indonesia. MI/Galih P.

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian akan memfasilitasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk sektor pariwisata. Upaya ini diharapkan bisa mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada di Indonesia sehingga bisa menghasilkan devisa bagi negara.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan skema KUR Pariwisata ini diharapkan dapat mendorong optimalisasi pengembangan sektor pariwisata khususnya di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas serta 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

"Tadi komite memutuskan untuk menciptakan skema KUR khusus yaitu untuk pariwisata, tetapi nanti ke depannya yang terpenting KUR adalah kredit pembiayaan yang diberikan kepada sektor sudah produktif," kata dia di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Agustus 2018.

Dirinya menambahkan, skema penyaluran KUR untuk sektor pariwisata akan ditetapkan dengan suku bunga rendah, yaitu tujuh persen. Sementara itu, plafon yang disediakan akan disesuaikan baik untuk KUR mikro maupun KUR kecil bagi individu maupun kelompok usaha.

Adapun Iskandar menyebut ada 13 sektor pariwisata yang bisa mendapatkan fasilitas KUR. Mereka adalah agen perjalanan wisata, jasa informasi pariwisata, pengelolaan tempat wisata, jasa konsultasi pariwisata, jasa transportasi pariwisata, dan penyediaan akomodasi.

Selain itu, KUR pariwisata juga bisa diberikan kepada penyelenggara Meeting, Incentive, Convention, Exhibiton (MICE), sanggar seni, penyediaan makanan dan minuman, usaha jasa pramuwisata, wisata tirta, serta industri kerajinan dan pusat oleh-oleh.

"Jadi nanti tidak akan dibatasi seperti sekarang. Selama UMKM produktif boleh mendapatkan KUR. Kami juga tidak menargetkan penyaluran, semua tergantung demand-nya, karena takutnya kekecilan. Sepanjang demand besar, kita akan akomodasi," pungkas dia.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA