BPS: Sensus Ekonomi Tidak Ada Kaitan dengan Pajak

   •    Jumat, 13 May 2016 14:48 WIB
sensus
BPS: Sensus Ekonomi Tidak Ada Kaitan dengan Pajak
Seorang peserta melintasi logo sensus ekonomi 2016 (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Palangkaraya: Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, menegaskan bahwa Sensus Ekonomi (SE) 2016 jangan disalahartikan dengan masalah penerimaan pajak. Sebab, SE 2016 dilakukan untuk mengetahui kondisi ekonomi di masing-masing wilayah.

"Kami tegaskan bahwa kegiatan penyelenggaraan Sensus Ekonomi 2016 ini tidak ada kaitannya dengan pajak," tegas Kepala BPS Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sindai, seperti dikutip dari Antara, di Palangkaraya, Jumat (13/5/2016).

Ia menjelaskan, sensus ekonomi bertujuan untuk mengetahui karakteristik ekonomi di masing-masing wilayah. Pendataan ditujukan kepada seluruh pelaku ekonomi, seperti rumah tangga, perusahaan, rumah sakit, perdagangan, hotel, restoran, sekolah, panti sosial, pasar hingga tempat peribadatan.

Tidak ditampik sensus ekonomi yang dilakukan oleh pihak BPS sempat mengundang sejumlah pertanyaan dari kalangan pedagang. Ada beberapa pedagang yang khawatir sensus tersebut berkaitan dengan penarikan pajak.

Dalam hal ini, beberapa petugas akhirnya menjelaskan bahwa sensus hanya menghimpun data dan tidak berhubungan dengan pajak. Sindai mengatakan, sensus ekonomi tidak ada hubungannya dengan pajak.

Adapun data-data yang berhasil dihimpun petugas dijamin kerahasiaannya sesuai aturan dan kode etik. Bahkan, petugas yang membocorkan data sensus ekonomi bakal terancam sanksi tegas hingga denda.

"Data yang dikumpulkan oleh BPS sifatnya rahasia, sesuai dengan Undang-Undang Nomor Nomor 16 Tahun 1997 di mana data yang dikeluarkan oleh perusahaan dilindungi undang-undang," pungkasnya.


(ABD)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA