Pemerintah Buka Peluang Swasta Bangun Pelabuhan Patimban

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 14 Sep 2017 23:23 WIB
pelabuhan
Pemerintah Buka Peluang Swasta Bangun Pelabuhan Patimban
Pelabuhan Priok (AFP/Bay Ismoyo).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka kesempatan perusahaan swasta ikut dalam pembangunan pelabuhan Patimban.

Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi lantaran porsi operator dalam pembangunan pelabuhan telah sepakat yakni 51 persen Indonesia dan 49 persen Jepang. Untuk porsi 51 persen tersebut, pemerintah membuka peluang perusahaan BUMN dan swasta masuk dalam pembangunan.

"Operator yang penting 51 persen Indonesia, 49 persen Jepang. (51 persen) Kombinasi swasta sama BUMN," kata Budi di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Namun demikian, Budi mengaku mengenai porsi atau persentase antra BUMN dan swasta dalam pembangunan pelabuhan tersebut masih dalam kajian. Pemerintah masih punya waktu tiga bulan untuk mengkaji hal tersebut.

"Nanti kita bahas dulu. Kita elaborasi supaya pemerintah tetap punya, swasta dapat kesempatan," ungkap dia.

Lebih lanjut, menurutnya, jika perusahaan BUMN mendapatkan bagian dalam pembangunan pelabuhan tersebut sudah barang tentu dilakukan melalui penunjukan langsung. Sementara untuk perusahaan swasta melalui mekanisme lelang.

"Kalau BUMN mestinya ditunjuk. Tapi kalau swasta mestinya dilelang," tutup dia.


(SAW)