Jokowi akan Beri Nama Kapal Nelayan Indonesia

   •    Minggu, 06 Aug 2017 17:48 WIB
kapal
Jokowi akan Beri Nama Kapal Nelayan Indonesia
Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI..

Metrotvnews.com, Makassar: Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir meninjau proses penyelesaian pembuatan Kapal Nelayan Indonesia di PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Jalan Galangan Kapal, Makassar pada hari ini.

Kapal dengan konsep palate datar tersebut, rencananya akan dipamerkan pada puncak Hari Teknologi Nasional (Harteknas) ke-22, pada 10 Agustus, yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Adapun spesifikasi kapal tersebut adalah panjang 15 meter, lebar 4 meter, tinggi 2,8 meter dengan sarat muatan 1,2 meter. Kecepatan 7-10 knot (mil/jam) dengan ME 80 HP. Propeller 28' dengan 4 daun.

Dirut PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar Edy Widarto, mengatakan, kapal tersebut dibuat dalam waktu hanya sebulan lamanya, setelah dilakukan riset oleh Kemenristek Dikti, Teknik Perkapalan Universitas Indonesia dan Universitas Hasanuddin, untuk menghadirkan kapal nelayan tanpa lekukan.

"Pembuatan kapal dimulai pada 5 Juli lalu, dan akan diberi nama Kapal Nelayan Indonesia. Selain kapal tersebut, kami juga sanggup membuat kapal jenis apa pun, mengingat, areal di PT IKI (Persero) ini, sangat luas," seru Edy dikutip dari Media Indonesia, Minggu 6 Agustus 2017.

Sebelum dipamerkan di puncah peringatan Harteknas di kawasan reklamasi Center Point of Indonesia (CPI), kapal tersebut, akan melakukan pelayaran percobaan (sea trial).

M Nasir juga meninjau pameran produk inovasi teknologi di sepanjang Jalan Penghibur Makassar, tepatnya di Pelataran Pantai Loasari.

Adapun produk inovatif yang dipamerkan, berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dan atraksi dari PT Pindad, Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), seperti roket air, tank scorpion, demo panser anoa, drone balap, alat peraga radiasi dan planetarium mini.

Dirjen Penguatan Inovasi, sekaligus Ketua Umum Panitia Harteknas ke-22 Makassar, Jumain Jimpe mengungkapkan, kegiatan dalam rangka memperingati Harteknas ini untuk membangkitkan daya kreasi dan inovasi anak bangsa, sekaligus menunjukkan keberhasilan dan prestasi yang membanggakan.


(SAW)