Wimboh Dorong Bunga Kredit Rendah

Suci Sedya Utami    •    Senin, 19 Jun 2017 13:34 WIB
ojk
Wimboh Dorong Bunga Kredit Rendah
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terpilih Wimboh Santoso. (MTVN/Eko Nordiansyah).

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) Wimboh Santoso mendorong agar bunga kredit perbankan berada pada level yang rendah.

Ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Wimboh mengatakan, dengan bunga kredit yang lebih murah diharapkan akan lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mengakses pinjaman kredit.

"Kalau bunga perbankan spriritnya memang harus kita dorong, upayakan supaya lebih murah," kata Wimboh, Senin 19 Juni 2017.

Namun, dia bilang, untuk mencapai bunga kredit yang rendah, harus dilakukan dengan cara yang baik agar tidak menimbulkan distorsi di pasar keuangan.

Sebelumnya, Pemerintah ingin agar bunga kredit bisa diturunkan dari double digit menjadi single digit.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, penurunan  bunga kredit diperlukan untuk mendorong konsumsi masyarakat dalam menggerakkan roda perekonomian nasional.

Tak hanya itu, lanjut Darmin, dengan rumus tingkat bunga diturunkan, diyakini akan menumbuhkan dan mendorong naiknya investasi yang juga memberikan efek pada pertumbuhan ekonomi, baik investasi skala besar maupun kecil.

Sekadar informasi, dari catatan Bank Indonesia pada akhir kuartal pertama rata-rata bunga kredit yakni pada kisaran 11,9 persen. Angka tersebut sebetulnya sudah menurun dibanding Februari yang sebesar 11,97 persen dan Januari sebesar 12,03 persen.


(SAW)