Jokowi Siap Teken Rancangan Aturan e-Commerce

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 08 Nov 2018 15:35 WIB
pajak e-commerce
Jokowi Siap Teken Rancangan Aturan e-Commerce
Illustrasi. Dok;AFP.

Jakarta: Presiden Joko Widodo siap meneken Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPMSE) atau e-commerce untuk menjadi Peraturan Pemerintah (PP). Diharapkan dalam waktu dekat aturan ini sudah bisa diterbitkan.

"Sudah beres kok. Tinggal tunggu waktu saja," kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan UKM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 8 November 2018.

Dirinya menambahkan, tak ada perubahan signifikan dari draf RPP yang diajukan. Salah satunya adalah penggunaan domain Indonesia (dot id) yang sebelumnya diwajibkan, namun diubah menjadi hanya diutamakan bagi para penyedia jasa e-commerce.

"Draf RPP-nya sama persis. Dengan konsumen, enggak ada perubahan. Sama kayak yang terakhir. (Domain) tidak diwajibkan permintaannya, tapi diutamakan. Kata-katanya diganti diutamakan," jelas dia.

Menurut dia, nantinya kementerian terkait akan diminta menerbitkan aturan turunan setelah RPP e-commerce diterbitkan. Misalnya saja mengenai masalah perpajakan bagi perusahaan belanja digital yang akan diselesaikan oleh Kementerian Keuangan.

"Ada beberapa PR dari kementerian untuk menyelesaikan aturan turunannya, kayak tadi itu. Kayak aturan perlindungan data, aturan perpajakan," pungkasnya.

Aturan ini diharapkan menjadi payung hukum dalam memberi kejelasan bagi dunia usaha sehingga perdagangan melalui elektronik bisa dikembangkan. Tak hanya itu, aturan ini juga akan memberi keadilan bagi pelaku usaha online maupun konvensional.

 


(SAW)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA