Dana Desa Belum Optimal Kurangi Pengangguran di Desa

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 06 Nov 2018 20:27 WIB
dana desa
Dana Desa Belum Optimal Kurangi Pengangguran di Desa
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Dokumentasi : Setkab).

Jakarta: Pemerintah menyebut adanya dana desa yang digelontorkan sejak beberapa tahun terakhir diharapkan ampuh guna mengurangi tingkat pengangguran di desa. Hanya saja sejauh ini kemampuan dana desa mengurangi penangguran di desa belum optimal.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dana desa setidaknya mampu memberikan pekerjaan kepada warga desa. Apalagi mayoritas penggunaan dana desa untuk pembangunan infrastruktur sehingga perlu waktu untuk melihat dampaknya.

"Walaupun karena bekerjanya melalui infrastruktur dampaknya itu tidak instan, dampaknya itu perlu waktu. Ya tergantung juga nanti infrastruktur apalagi yang dikembangkan ya," kata Darmin ditemui di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa, 6 November 2018.

Dirinya menambahkan, dana desa juga memperbaiki kualitas warga desa karena menyerap tenaga kerja di wilayah tersebut. Meskipun dirinya mengakui kenaikan pengangguran di desa lebih disebabkan oleh penurunan lahan sawah karena mayoritas penduduk desa bekerja sebagai petani.

"Ya tentu saja ada (hubungan kenaikan pengangguran desa dengan pengurangan lahan sawah) kalau ditanya. Tapi secara keseluruhan tentu lebih dari itu. Sebetulnya adanya dana desa itu memang sebetulnya memperbaiki banyak hal dan memberikan pekerjaan," jelas dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) desa meningkat sedikit menjadi 4,04 persen pada 2018. Padahal TPT di kota menurun dalam satu tahun terakhir menjadi 6,45 persen.

Sementara secara nasional, TPT turun menjadi 5,34 persen pada Agustus 2018 dari 5,50 persen pada Agustus 2017. BPS mencatat ada pengurangan jumlah pengangguran sebanyak 40 ribu orang dalam setahun terakhir.

Adapun  jumlah angkatan kerja pada Agustus 2018 tercatat sebanyak 131,01 juta orang, naik 2,95 juta orang dibanding Agustus 2017. Sejalan dengan itu, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) juga meningkat 0,59 persen poin.


(SAW)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA