Petahana akan Diminta Menjelaskan Manfaat Infrastruktur

   •    Minggu, 17 Feb 2019 09:43 WIB
infrastrukturdebat capres
Petahana akan Diminta Menjelaskan Manfaat Infrastruktur
Infrastruktur. Dok;AFP.

Jakarta: Pakar ekonomi dari Perbanas Institute Profesor Hermanto Siregar memperkirakan kemanfaatan pembangunan infrastruktur selama empat tahun terakhir akan dibahas secara mendalam dalam debat capres putaran kedua.

"Persoalan infrastruktur bukan masalah ada atau tidaknya pembangunan fisik, namun yang penting adalah kemanfaatannya bagi masyarakat luas," kata Hermanto yang juga Rektor Perbanas Institute saat dihubungi Antara dikutip, Minggu 17 Februari 2019. 

Menurut Hermanto, maksud dari kemanfaatan infrastruktur itu adalah fasilitasnya tak hanya untuk dinikmati oleh segelintir orang terapi seluruh kalangan masyarakat.

"Karena dampak distribusi pembangunan itu kadang lebih penting dibandingkan besaran pertumbuhannya. Saya memperkirakan arah pertanyaan dalam (debat) bisa mengarah ke hal tersebut," katanya.

Ia menambahkan bahwa pilihan untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur merupakan langkah tepat. Namun, yang harus diperhitungkan adalah siapa yang akan memanfaatkan sarana infrastruktur tersebut.

Misalnya, jika sasarannya adalah petani, seberapa besar infrastruktur tersebut berdampak bagi kesejahteraan petani, kinerja usaha petani dalam memperkuat ketahanan pangan nasional. 

Topik infrastruktur juga akan menarik dalam debat tersebut terutama yang kemungkinan dikaitkan mulai dari isu penyerapan tenaga kerja, penandanaan dari utang, hingga dampak berantai pembangunan infrastruktur terhadap ekonomi daerah.

Seperti diketahui debat capres putaran kedua digelar pada Minggu 17 Februari 2019 dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.


(SAW)