Boediono: Ekonom Harus Sadar Sejarah

   •    Selasa, 20 Sep 2016 18:31 WIB
ekonomi indonesia
Boediono: Ekonom Harus Sadar Sejarah
Mantan Wakil Presiden Boediono . MI/RAMDANI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Wakil Presiden Boediono mengingatkan pentingnya pemahaman atas sejarah ekonomi Indonesia untuk menjawab persoalan maupun tantangan pembangunan di masa mendatang yang makin beragam.

"Ekonom harus sadar sejarah. Saya ingin mereka memahami ilmu ekonomi tidak hanya sekedar kurva dan dalil. Saya ingin mereka mempunyai apresiasi bahwa ekonomi terjadi dalam ruang, waktu dan tatanannya," kata Boediono dikutip dari Antara, Selasa (20/9/2016). 

Boediono mengatakan belajar mengenai sejarah ekonomi Indonesia sangat diperlukan untuk memahami persoalan masa kini karena banyak permasalahan tersebut yang ternyata pernah muncul di masa lalu sehingga bisa menjadi pelajaran berharga bagi generasi muda.

"Banyak masalah lama yang belum tuntas di masa lalu, dan penyebabnya muncul kembali. Masalah kontemporer seperti ini harus dimengerti dengan baik untuk dicari solusi dari konteks masalah yang ada," ujarnya.

Menurut dia, dengan belajar dari sejarah ekonomi Indonesia yang dimulai sejak zaman VOC, para pengambil kebijakan maupun akademisi bisa mengambil manfaat dan keputusan yang dilahirkan memiliki nilai positif bagi perekonomian nasional dalam jangka panjang.

"Saya tidak menekuni sejarah ekonomi, tapi saya memahami betapa pentingnya sejarah, karena dari masalah yang muncul saat ini ternyata banyak yang kita bisa ambil (solusinya) dari sejarah," pungkas Boediono. 



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA