Demi Redam Risiko, OJK: Bank Harus Selektif Pilih Pengembang

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 17 May 2017 19:12 WIB
ojk
Demi Redam Risiko, OJK: Bank Harus Selektif Pilih Pengembang
Illustrasi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau kepada semua bank penyalur kredit pemilikan rumah (KPR) agar lebih selektif dalam memberikan pinjaman ke pengembang atau developer. Tujuannya, demi meredam risiko yang nantinya bisa dipikul perbankan.

‎"Bisa dipastikan sehingga risiko buat pihak bank, sehingga kriterianya perlu diperketat khususnya reputasi developernya‎," ujar Deputi Direktur Direktorat Pelayanan Konsumen OJK Rela Ginting, ‎ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Rela Ginting khawatir ada bank yang di daerah sangat abai terhadap risiko‎ bila bekerjasama dengan pengembang. Hal ini karena belum mengetahui rekam jejak developer.

"Kadang di daerah nih, kadang ada pemimpin cabang (bank) yang lakukan kerja sama tanpa ada semacam evaluasi dari (bank) pusat. Sehingga pemimpin cabang kerja sama dengan developer yang reputasinya kurang," terang Rela.

Tak hanya itu, demi keberlangsungan yang efektif dalam penyaluran rumah, bilang Rela, developer juga harus mengemban sikap keterbukaan. Sehingga, konsumen yang membeli rumah merasa nyaman. 

‎Lanjut dia, OJK juga harus menggandeng Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait perlindungan ke konsumen di sektor perumahan. 

‎"Salah satu yang diharapkan, itu bahwa nanti developer memiliki pihak yang menangani pengaduan konsumen. Jadi kalau kualitasnya tidak sesuai, developer telat bangun, maka developer harus memberikan kenyamanan," pungkas Rela.



(SAW)