Peluang Lulusan Bekerja di Pertamina Lebih Besar

   •    Sabtu, 20 May 2017 18:38 WIB
universitas pertamina
Peluang Lulusan Bekerja di Pertamina Lebih Besar
Ilustrasi Gedung Pertamina. (FOTO: Antara/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina Prof Ichsan Setya Putra mengatakan lulusan Universitas Pertamina memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di Pertamina.

"Universitas Pertamina memiliki daya tarik intrinsik karena didirikan Pertamina dan dekat dengan Pertamina. Juga ada semacam pernyataan bahwa lulusan terbaik diterima di Pertamina," kata Ichsan usai pelaksanaan ujian masuk Universitas Pertamina di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu 20 Mei 2017.

Apalagi, kata dia, pembangunan kilang minyak Pertamina akan selesai pada 2022, dan diperkirakan akan membutuhkan pekerja baru.

"Lulusan kami diuntungkan masuk Pertamina. Apalagi, Pertamina juga melakukan ekspansi ke negara-negara lain," papar dia.

Hal tersebut, kata dia, membuat banyak siswa yang ingin masuk Universitas Pertamina. Jumlah siswa yang ikut pada seleksi masuk Universitas Pertamina pada tahap kedua mencapai 1.200 peserta dan diselenggarakan di lima kota besar yakni Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Malang.

"Jumlah siswa yang diterima untuk tiap gelombang sebanyak 400 mahasiswa," katanya.

Universitas tersebut saat ini memiliki enam fakultas yakni fakultas teknologi eksplorasi dan produksi, fakultas perencanaan dan infrastruktur, fakultas teknologi industri, fakultas sains dan komputer, fakultas ekonomi dan bisnis, dan fakultas komunikasi dan diplomasi.

Dalam seleksi masuk tersebut, Program studi yang paling banyak diminati yakni perminyakan dan geologi. Universitas Pertamina memberikan beasiswa ekonomi yang terdiri atas dua tipe yakni bebas biaya pembangunan dan bebas biaya SPP Rp10 juta per semester, serta bebas biaya pembangunan dan potongan 50 persen biaya SPP.

"Kami juga mengadakan pertukaran mahasiswa dengan universitas-universitas di luar negeri. Tujuannya agar mahasiswa mempunyai wawasan global serta menyiapkan tenaga profesional khususnya di bidang perminyakan," pungkas dia.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA