Pasokan Pangan Masih Aman

   •    Sabtu, 30 Dec 2017 11:29 WIB
pangan
Pasokan Pangan Masih Aman
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Joko)

Jakarta: Pemerintah menyatakan pergerakan harga dan stok pangan dalam beberapa bulan terakhir masih terpantau normal. Meski ada kenaikan untuk beberapa komoditas bahan pokok, pemerintah belum akan melakukan tindakan khusus.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut sejumlah komoditas itu ialah telur, daging ayam, dan beras.

"Kenaikannya sedikit masih di bawah satu persen. Jadi kelihatannya tidak perlu perlakuan khusus," ucapnya seusai rakor pangan di kantornya, Jakarta, kemarin.

Ia juga menyebut stok beras untuk wilayah Jabodetabek masih aman. Pasokan di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) masih di atas ambang batas aman, yakni di atas 3.000 ton per hari.

"Kami kaji perkembangan harga dan stok masih berjalan normal saja," tukasnya.

Di kesempatan sama, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan belum ada instruksi khusus untuk penanganan pangan akhir tahun karena masih dianggap dalam kondisi normal.

Pemerintah juga belum membuat kebijakan sektor pangan pada tahun depan.

"Secara spesifik belum ada karena masih dalam tahap pembahasan berbagai implementasi di tahun ini."

Sebelumnya, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan Ninuk Rahayuningrum menyatakan Kementerian Perdagangan mengimbau pemerintah daerah serta pelaku usaha atau distributor untuk mempercepat penyetokan guna mengantisipasi cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi.

"Cuaca buruk ini berpotensi menghambat distribusi melalui transportasi laut, terutama bagi daerah yang sangat bergantung pada pasokan dari Pulau Jawa. Beberapa daerah yang diketahui menyetok lebih awal ialah Bangka Belitung, Ambon, dan Papua," ujarnya, pekan lalu. (Media Indonesia)


(AHL)