Pemda Terlalu Bergantung pada Anggaran Pemerintah Pusat

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 06 Dec 2017 15:32 WIB
pemda
Pemda Terlalu Bergantung pada Anggaran Pemerintah Pusat
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. MTVN/Suci.

Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan banyak daerah yang mengandalkan penerimaan hanya dari Pemerintah Pusat melalui transfer daerah dan dana desa.

Hal tersebut disampaikan Ani, sapaan akrabnya, pada saat sosialisasi transfer daerah dan dana desa 2018. Dia mengatakan, hal tersebut berdasarkan evaluasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Daerah masih sangat tergantung pada transfer pusat ke daerah," kata Ani di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2017.

Dirinya menyebutkan, di tingkat provinsi 46,6 persen daerah masih mengandalkan transfer daerah. Sementara di tingkat kabupaten kota 66,6 persen daerah yang mengandalkan trasnfer dari pusat.

Ketergantungan anggaran daerah juga terlihat dari kemampuan daerah tersebut untuk mendapatkan atau menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) yang persentasenya sangat kecil.

Sedangkan di tingkat provinsi, daerah hanya mampu mengumpulkan PAD-nya sebesar 37,7 persen. Sementara di tingkat kabupaten kota lebih parah lagi yakni hanya 6,6 persen.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menilai kondisi tersebut sebagai sebuah problem. Artinya, daerah tidak mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk menghasilkan penerimaan.

"Ini menggambarkan ketimpangan dan ketergantungan yang sangat besar," jelas Ani.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA