Serap 1.600 Pekerja

Menperin: Pabrik Semen Indonesia di Rembang Perlu Dijaga

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 20 Mar 2017 08:06 WIB
perindustriankementerian perindustrian
Menperin: Pabrik Semen Indonesia di Rembang Perlu Dijaga
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen menjaga iklim usaha dan kepastian investasi di dalam negeri terutama untuk sektor manufaktur strategis seperti industri semen.

Beroperasinya pabrik-pabrik semen di dalam negeri akan merealisasikan berbagai program pemerintah dalam pemerataan pembangunan dan kesejahteraan seluruh masyarakat di Tanah Air. Salah satunya pembangunan fasilitas produksi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) di Rembang, Jawa Tengah.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, kepastian investasi pembangunan industri strategis seperti pabrik semen perlu dijaga keberlanjutannya karena membawa efek berganda bagi perekonomian daerah dan nasional.

"Antara lain penyerapan tenaga kerja dan penumbuhan industri kecil berbasis semen yang bisa dikembangkan untuk masyarakat Rembang dan sekitarnya," ungkap Airlangga Hartarto, dalam siaran persnya, di Jakarta, Senin 20 Maret 2017.

Kemenperin mencatat jumlah investasi industri semen secara nasional mencapai Rp15 triliun sepanjang 2016. Secara keseluruhan, kinerja industri semen, kaca dan keramik cukup positif dengan pertumbuhan 5,46 persen atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional sekitar 5,02 persen di 2016. Selain itu mampu berkontribusi terhadap PDB sebesar Rp89,05 triliun atau 0,72 persen dari PDB nasional.

Diproyeksikan, nilai investasi pabrik semen Rembang mencapai Rp4,9 triliun dengan jumlah tenaga kerja untuk mengoperasikan pabrik yang menggunakan teknologi canggih ini sekitar 261 orang. Selanjutnya, untuk mendukung unit lainnya bakal menyerap tenaga kerja mencapai 1.600 orang. Dari total peluang kerja tersebut, masyarakat lokal dan sekitarnya akan dilibatkan.

Airlangga menuturkan‎, industri semen berperan sebagai penunjang utama dalam percepatan pelaksanaan proyek infrastruktur yang dicanangkan oleh pemerintah. Contohnya pembangunan infrastruktur logistik seperti jalan, pelabuhan, jembatan, dan bandara.

"Kami telah berkoordinasi dengan kementerian terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk meningkatkan penggunaan produk semen dalam negeri," terang Airlangga.

 


(ABD)