Sri Mulyani Jengkel Direksi BUMN Salahkan Direksi Lama

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 30 Nov 2016 20:25 WIB
bumn
Sri Mulyani Jengkel Direksi BUMN Salahkan Direksi Lama
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati jengkel kepada direksi-direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang selalu menyalahkan direksi lama atas kinerja perusahaannya. Padahal, direksi tersebut belum bekerja secara optimal.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani di depan direksi dan komisaris BUMN saat sosialisasi tax amnesty (pengampunan pajak) di Kantor Pusat Pertamina. Ia juga mengeluhkan, kinerja BUMN yang tidak optimal padahal kebanyakan BUMN-BUMN tersebut telah menerima penyertaan modal negara (PMN) selama dua tahun terakhir.

"Saya mulai jengkel karena ada yang salahkan direksi lama. Padahal ada PMN lebih Rp160 triliun dalam dua tahun," ungkap Sri Mulyani, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Menurut wanita yang biasa disapa Ani ini, jika BUMN pintar menggunakan dana PMN, BUMN akan mengelolanya dengan baik dan dapat memberikan dividen ke negara yang cukup besar. "Itu seharusnya bisa berikan tiga hingga empat kali lipat kepada negara," ucap dia.

Dengan demikian, lanjut Ani, ditahun-tahun mendatang pemerintah tidak harus memberikan PMN lagi kepada BUMN-BUMN karena menurutnya BUMN-BUMN tersebut sudah sehat dan dapat bekerja dengan baik dan optimal.

"Sehingga saya tidak masukkan ke dalam sumur yang bolong," kata dia.


(AHL)