BCA Permudah Masyarakat Bertransaksi Parkir via TPE

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 09 Nov 2016 07:01 WIB
berita bca
BCA Permudah Masyarakat Bertransaksi Parkir via TPE
Keikutsertaan BCA dalam pembayaran TPE karena ingin memberikan dukungan dorongan finansial (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta melakukan peluncuran tahap pertama sebanyak 41 unit Terminal Parkir Elektronik (TPE) di Jalan Ir. H. Juanda, Jakarta Pusat, Senin, 24 Oktober 2016.

Sistem TPE ini sudah diimplementasikan sebelumnya, sebanyak 113 unit di daerah Sabang, Bulevar Kelapa Gading, dan Jl. Falatehan. Bedanya, di sistem sebelumnya, Unit Pelaksana Perparkiran Dishubtrans Provinsi DKI Jakarta menggandeng pihak swasta untuk pengelolaan. Mulai implementasi TPE Tahap 1 2016 ini dan seterusnya, pengelolaan perparkiran dilakukan oleh pihak UP Perparkiran.

Kepala Dishubtrans DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, dengan adanya TPE maka pengguna jalan dapat bertransaksi lebih nyaman dan aman. Para pengguna jalan tidak perlu lagi repot menyiapkan uang receh ketika hendak membayar parkir.

"Orang yang tadinya suka mengantongi uang receh, mengantongi uang lecek, nah sekarang dengan uang elektronik kita lebih aman dan nyaman. Dengan perilakunya berubah, otomatis kita juga meminimalkan kebocoran, ya kecurangan deviasi," ujar Andri Yansyah.

Andri menjelaskan, ada beberapa pertimbangan dalam penentuan ruas jalan untuk TPE. Pertama, jalan tersebut banyak digunakan untuk parkir.

"Kedua, ada kombinasi, ada kantornya, ada restorannya, ada tokonya," ucap Andri.

Pertimbangan ketiga, di sepanjang ruas jalan tersebut terdapat kantor cabang beberapa bank yang menyediakan kartu elektronik untuk TPE. "Jadi, masyarakat gampang melakukan top up," ujar Andri.


Kepala Biro Bisnis Dana dan e-Channel BCA Sinta Handajani dan Kepala Dishubtrans DKI Jakarta Andri Yansyah (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba)


Setelah peluncuran tahap pertama, Dishubtrans DKI Jakarta akan menambah 160 unit TPE pada tahap kedua, Desember 2016. Jumlah tersebut bakal memenuhi target Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yaitu memasang 201 TPE sepanjang satu tahun ini.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengapresiasi langkah ini. Djarot mengatakan, akan mengevaluasi uji coba tahap pertama selama sebulan. Dalam evaluasi tersebut, Pemprov DKI Jakarta juga akan turun tangan menyosialisasikan kepada masyarakat dan mengajari cara penggunaan TPE.

"Termasuk juru parkir untuk ikut membimbing pengguna layanan parkir menggunakan TPE ini. Kami akan evaluasi satu bulan. Masyarakat Jakarta nantinya akan terbiasa menggunakan jasa layanan dari Pemprov DKI Jakarta, terutama cashless, yang bermanfaat untuk mengurangi tindakan pungli (pungutan liar) atas setiap jasa layanan yang diberikan Pemerintah Jakarta," ucap Djarot.

Pada peluncuran tahap pertama PTE tersebut, hadir pula beberapa perwakilan dari sejumlah bank yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Bank tersebut menyediakan kartu elektronik untuk transaksi pembayaran parkir. Salah satunya adalah Bank Central Asia (BCA).

Kepala Biro Bisnis Dana dan e-Channel BCA Sinta Handajani mengatakan, keikutsertaan BCA dalam pembayaran TPE di area Juanda ini karena ingin memberikan dukungan dorongan finansial. Menurut Sinta Handajani, masyarakat, khususnya nasabah BCA, sangat mendukung adanya transaksi pembayaran parkir elektronik. "Kami sudah menerapkan secara terintegrasi parkir elektronik," ucapnya.


(ROS)

Tarif Kargo Udara Naik Ratusan Persen

Tarif Kargo Udara Naik Ratusan Persen

5 hours Ago

Tiga maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya melakukan kebijakan me…

BERITA LAINNYA