Pembahasan Cukai Plastik Molor ke Tahun Depan

Suci Sedya Utami    •    Senin, 28 Nov 2016 10:15 WIB
cukaikantong plastik berbayar
Pembahasan Cukai Plastik Molor ke Tahun Depan
Pemberlakuan kantong plastik berbayar (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)

Metrotvnews.com, Bogor: Pembahasan rencana mengenakan tarif cukai pada kemasan plastik yang diinisiasi pemerintah dan sudah masuk ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) kembali molor. Adapun pengenaan cukai ini dalam rangka menekan polusi yang dihasilkan dari plastik tersebut.

Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi tidak menampik seharusnya pembahasan mengenai pengenaan tarif cukai pada kemasan plastik dilakukan pada 2016 ini. Namun, karena satu dan lain hal maka pembahasannya ditunda dan akan dilakukan di 2017.

"Untuk plastik kita perkirakan dilakukan di 2017," kata Heru, di acara Pelatihan Media Keuangan, di Sentul, Bogor, Jawa Barat, seperti diberitakan Senin (28/11/2016).

Baca: Potensi Penerimaan Pungutan Cukai Plastik Botol Minuman di Bawah Rp10 Triliun

Heru menjelaskan, pengenaan cukai pada kemasan plastik diberlakukan dengan tujuan untuk membatasi konsumsi atau penggunaan plastik yang kaitannya dengan dampak lingkungan. Tentu kondisi ini menjadi penting dan sangat diperhatikan oleh pemerintah.

Bahkan, lanjut Heru, di beberapa negara sudah menerapkan kebijakan cukai kemasan plastik dengan tujuan yang sama. Contohnya di Inggris, tersebut sudah melarang penggunaan plastik ketika berbelanja.

Baca: Rokok Ilegal Pengaruhi Dana Bagi Hasil dengan Pemda

"Mereka (masyarakat) diminta membawa sendiri atau harus membayar sekitar Rp1.000 untuk menggunakan kantong plastik," pungkas dia.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA