BI Edukasi Calon TKI tentang Pengiriman Uang

   •    Kamis, 18 Feb 2016 13:58 WIB
pengiriman uang
BI Edukasi Calon TKI tentang Pengiriman Uang
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Nunukan: Bank Indonesia (BI) terus mengedukasi Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) tujuan Negeri Sabah, Malaysia, tentang tata cara pengiriman uang dan pembukaan rekening. Edukasi ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI).

Asisten Manager Program Elektronifikasi Keuangan dan Inklusi BI, Jessi Ayu Dia, mengutarakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan rutin terhadap CTKI yang mengurus dokumen keimigrasian pada Poros Sentra Pelatihan dan Pemberdayaan Daerah Perbatasan di Kantor Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Kabupaten Nunukan sepanjang dibutuhkan oleh BNP2TKI.

"Edukasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada calon TKI tentang tata cara pengiriman uang kepada keluarganya atau mekanisme pembukaan rekening di luar negeri," kata Jessi Ayu Dia, seperti dikutip dari Antara, di Kantor BP3TKI Kabupaten Nunukan, Kamis (18/2/2016).

Kegiatan tahap pertama ini, dia menambahkan, sementara hanya melibatkan sebanyak 50 calon TKI dan disaksikan perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Kabupaten Nunukan atas prakarsa BNP2TKI.

Sebenarnya, lanjut Jessi, kegiatan edukasi semacam ini telah beberapa diselenggarakan terhadap calon TKI yang akan berangkat keluar negeri. "Namun di Kabupaten Nunukan merupakan pertama kalinya setelah poros sentra pelatihan dan pemberdayaan daerah perbatasan diresmikan Menko PMK Puan Maharani," pungkasnya.


(ABD)