BI NTT Siapkan Rp1,7 Triliun untuk Mudik Lebaran 2018

BI NTT Siapkan Rp1,7 Triliun untuk Mudik Lebaran 2018
Seorang wanita melintas di dekat logo Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Kupang: Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menyediakan Rp1,7 triliun uang baru untuk memenuhi kebutuhan para pemudik Lebaran 2018. Dalam hal ini, BI meminta kepada masyarakat untuk tidak menukarkan uang kepada lembaga keuangan yang tidak terdaftar.

"Untuk ukuran mudik Lebaran di Nusa Tenggara Timur, total nilai yang dialokasikan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk Mudik Lebaran tahun ini," kata Kepala BI NTT Naek Tigor Sinaga, seperti dikutip dari Antara, di Kupang, Jumat, 11 Mei 2018.

Di NTT, lanjutnya, tidak seperti di Jawa yang telah membudayakan pemberian uang kepada setiap keluarga yang dijumpai apakah di jalan, rumah atau tempat lain pada saat Lebaran. "Kebiasaan itu memang ada juga di daerah-daerah lain dalam NTT, namun belum dibudayakan, seperti di Jawa, Sulawesi, Sumatera dan Kalimantan," tuturnya.

Meski demikian, tambahnya, pihak BI setempat tetap siapkan cadangan uang tunai dan nontunai sebagai antisipasi apabila pada waktu-waktu tertentu selama Lebaran berlangsung ada permintaan uang di luar yang terjadwal. Adapun uang senilai Rp1,7 triliun sudah disebarkan di sejumlah bank di NTT termasuk di delapan kas titipan di provinsi berbasis kepulauan itu.

Ia menjelaskan sejumlah kas titipan itu tersebar di Kota Atambua, Kabupaten Belu, kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur, kota Waikabubak, Sumba Barat, Kota Ruteng Kabupaten Manggarai, Kabupaten Sikka di Kota Maumere, Kota Kalabahi Alor, Kabupaten Lembata, dan Kota Ende.

"Kami sudah mulai menyebarkan dan kami yakin jumlah ini sudah cukup. Sebab, biasanya kalau NTT lebih banyak penggunaannya kalau jelang Natal dan Tahun Baru," pungkasnya.

 


(ABD)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA