Aturan Perdagangan Elektronik Segera Dirilis

   •    Jumat, 13 Apr 2018 11:02 WIB
kementerian perdaganganecommerce
Aturan Perdagangan Elektronik Segera Dirilis
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu)

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Perdagangan Elekronik (e-commerce) akan segera dirampungkan dalam waktu dekat.

Sebagaiman dikutip dari Antara, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan adanya perdagangan melalui sistem elektronik tidak bisa dihindari. Pemerintah menginginkan adanya kesetaraan berusaha di dalam negeri antara pelaku usaha perdagangan elektronik dan pelaku usaha biasa.

"Saya meminta level of playing field sama. Hal yang segera kami lakukan ialah, dalam dua minggu atau maksimal satu bulan ke depan, RPP akan kami selesaikan," kata Enggartiasto saat memberikan sambutan pada Seminar dan Rakertas Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) di Jakarta, Kamis, 12 April 20018.

Pihaknya akan mengusulkan barang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia harus masuk ke Pusat Logistik Berikat (PLB) terlebih dahulu, untuk lebih memudahkan pengawasan.

"Kami mengusulkan, barang dari luar negeri yang masuk itu harus masuk di PLB terlebih dahulu. Jadi, sekaligus memindahkan gudang ke sana. Kalau tidak, barang lewat saja dan kita tidak bisa mengawasi," kata Enggartiasto.

Para pelaku usaha offline atau yang tidak masuk perdagangan elektronik diminta untuk menyikapi adanya pergeseran gaya hidup masyarakat yang terjadi hampir di seluruh dunia. Sektor riil merupakan bagian dari perputaran ekonomi yang membuka lapangan kerja dan memutar roda perekonomian Indonesia.

Berdasarkan riset Vela Asia dan Google, total nilai pasar e-commerce Indonesia pertengahan 2013 hingga Januari 2014 diprediksi mencapai USD8 miliar atau setara dengan Rp96 triliun. Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai angka USD24 miliar atau setara dengan Rp288 triliun. (Media Indonesia)

  


(AHL)