Kemenhub Minta Jam Operasi Bandara Diperpanjang saat Musim Lebaran

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 13 Apr 2018 12:36 WIB
kementerian perhubunganMudik Lebaran 2018
Kemenhub Minta Jam Operasi Bandara Diperpanjang saat Musim Lebaran
Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: Medcom.id/Sonya)

Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta jam operasi beberapa bandar udara di tambah saat mudik Lebaran 2018. Jam operasi itu akan membuat rotasi pesawat untuk kembali ke kota asal lebih panjang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan bandara-bandara yang menjadi sorotan ditambah jam operasinya adalah bandar udara di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Menambah jam operasi bandara, jadi bandar udara yang di NTT, bandar udara yang ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi karena menambah jam operasi menambah rotasi pesawat-pesawat untuk kembali kepada asal Jakarta, Surabaya, dan Bali," kata Budi saat Rakor Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat, 13 April 2018. 

Selain itu, Budi juga meminta maskapai yang memiliki badan lebar (wide body) agar mengoperasikan armadanya selama masa mudik. Ia meminta seperti itu karena maskapai wide body memiliki jumlah bangku yang banyak.

"Berikutnya menggunakan pesawat yang lebih besar untuk tujuan tertentu, katakanlah ke Surabaya, ke Bali, Kualanamu dan Ujung Pandang," ujar dia.

Menjelang arus musik, Budi juga mewajibkan kepada maskapai untuk melakukan ramp inspection karena transportasi udara ini risikonya relatif lebih tinggi.

"Udara kami minta pertama kali melakukan ramp inspection terhadap seluruh armada, karena kita tahu udara ini relatif cukup aman karena risikonya tinggi," sebut dia.

Pemerintah juga meminta kepada PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II memberikan insentif lebih kepada maskapai yang melakukan tambahan penerbangan (extra flight).

"Memberikan insentif kepada airlines, AP I dan AP II dalam menambah extra flight," pungkas dia.

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA