Bekraf Adu Kreativitas 33 Perusahaan Startup

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 17 Sep 2016 15:53 WIB
badan ekonomi kreatif
Bekraf Adu Kreativitas 33 Perusahaan <i>Startup</i>
Direktur Akses Non Perbankan Bekraf Sugeng Santoso saat memberi penjelasan di depan para pengusaha startup. (FOTO: MTVN/Octavianus)

Metrotvnews.com, Bandung: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Startup Pitch Day untuk kelima kalinya. Agenda ini merupakan kegiatan mentoring dan pemaparan kreativitas milik para startup (pengusaha pemula).

Sebanyak 33 perusahaan startup yang memiliki ide kreatif di bidang film, aplikasi, jasa marketing, jasa training, fotografi, fesyen, dan game hadir ambil bagian sebagai peserta.

Direktur Akses Non Perbankan Bekraf Sugeng Santoso mengatakan, Startup Pitch Day Bekraf merupakan workshop sekaligus pelatihan bagi para startup yang tahun ini diadakan di beberapa daerah seperti Depok, Medan, Sumatera Utara, Solo, Jawa Tengah, Malang, Jawa Timur dan Bandung, Jawa Barat.

"Acara yang digelar di berbagai kota ini bertujuan untuk menyediakan akses permodalan yang lebih besar bagi para startup di Indonesia. Kegiatan ini juga kita gelar, sebagai upaya membangun ekosistem ekonomi kreatif. Sehingga para pelaku ekonomi kreatif siap, dalam meningkatkan skala bisnis mereka," ungkap Sugeng kepada Metrotvnews.com, di Co&Co Coworking, Bandung, Sabtu (17/9/2016).

Sugeng menjelaskan, dalam pitching day di Bandung, dewan juri nantinya akan memilih lima startup untuk mengikuti final di Denpasar, Bali pada 23 September 2016.

"Para investor kami rangkul sebagai juri untuk memberi kesempatan para startup memiliki pengalaman real. Sehingga, besar harapan kami mereka dapat menggaet investor untuk pengembangan bisnis mereka," bebernya.

Sugeng menegaskan, Kota Bandung banyak memiliki perusahaan startup yang mumpuni dalam hal kreativitas baik itu pengembangan aplikasi maupun teknologi.

"Sementara ini, saya perhatikan startup di Bandung bagus banyak gagasan-gagasan baru dari mereka yang saya nilai kreatif. Tentunya saya yakin ini akan banyak menarik perhatian investor," tambah dia.

Sementara itu, di tempat yang sama, Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo menambahkan, melalui acara startup pitch day, Bekraf akan mempertemukan para startup dengan beberapa investor untuk memahami keinginan mereka. Diharapkan, mereka bisa menarik perhatian investor sehingga dapat mengambil keputusan startup mana yang akan mereka pilih.

"Di sini, juga muncul pelatihan pitching. Tujuan akhir dari event ini adalah terciptanya ekosistem startup di bidang ekonomi kreatif dan memperbesar peluang startup dalam mendapatkan permodalan," pungkasnya.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA