Hendropriyono: Ikut Amnesti Pajak Bukan Berarti Saya Buat Kesalahan

Husen Miftahudin    •    Rabu, 21 Sep 2016 15:51 WIB
tax amnesty
Hendropriyono: Ikut Amnesti Pajak Bukan Berarti Saya Buat Kesalahan
Mantan Kepala BIN Abdullah Makhmud Hendropriyono (kanan) (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain pengusaha, ada juga mantan pejabat publik yang ikut program amnesti pajak. Salah satu mantan pejabat publik yang baru saja ikut amnesti pajak adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) era Presiden Megawati Soekarnoputri Abdullah Makhmud Hendropriyono.

Hendro mengungkapkan ikut amnesti pajak bukan berarti dirinya membuat kesalahan dalam perpajakan pribadi maupun perusahaannya. Sebab selama ini dia merasa telah taat membayar pajak seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) dalam jual beli properti serta aset yang dimiliki.

"Tapi soal masalah administrasi, kita itu memang selalu lemah, banyak hal-hal kelupaan atau perubahan peraturan dan lain-lain yang mungkin administrasinya ditinjau dari sisi perpajakan pabalieut, banyak masalahnya sejak Indonesia merdeka," tutur Hendro, usai melaporkan hartanya di Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Gedung Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2016).

Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dia meminta agar seluruh Wajib Pajak (WP) mendukung program amnesti pajak sebagai strategi demi kepentingan nasional. Ia menyatakan bahwa program ini merupakan kebijakan brilian karena menguntungkan semua pihak.

"Saya lihat ini program brilian yang menguntungkan secara komunal negara, maupun individual perorangan sehingga kita bisa berusaha, dagang dengan tertib. Tidak tiap kali ada auditing, diaudit, beda-beda hasilnya karena administrasi yang tidak beres," paparnya.

Maka itu, dia mengimbau kepada seluruh WP, utamanya para pengusaha untuk merapikan admnistrasi laporan keuangannya dengan melaporkan harta dalam program amnesti pajak. Karena dengan begitu, seluruh usaha dan bisnis yang digeluti oleh para pengusaha kedepannya akan lebih mudah.

"Itu kita harus mengakui administrasi di kita itu dari segala level, dari sisi makro atau sektor riil perusahaan-perusahaan itu belum semuanya tertib. Karena itu melalui amnesti pajak ini saya mengimbau kepada semua kawan-kawan agar secepatnya bergabung supaya ikut program amnesti pajak ini sehingga langkah ke depan nanti bisa lebih baik," pungkas Hendro.

 


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA