Pemerintah Diminta Pikirkan Nasib Karyawan Ritel yang Terdampak PHK

Desi Angriani    •    Kamis, 02 Nov 2017 06:28 WIB
riteldunia usahaekonomi indonesiaphk
Pemerintah Diminta Pikirkan Nasib Karyawan Ritel yang Terdampak PHK
Ketua Umum Aprindo Roy Mandey (Foto: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com,  Jakarta: Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mencatat sedikitnya 1.200 pekerja di industri ritel mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hal itu menyusul maraknya penutupan gerai ritel beberapa waktu terakhir termasuk Sevel dan Lotus.

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey mengaku belum memperoleh data teraktual terkait jumlah karyawan yang kena PHK. Tapi jumlah tersebut diperkirakan meningkat setelah sejumlah gerai ritel kembali gulung tikar.

"Kita belum dapat data, tapi kalau seperti Sevel itu kita hitung ada 167 toko, kali lima orang lah itu sudah 800-an ditambah dengan format yang lain, mungkin sudah sekitar 1.200 orang. Itu dari sevel dan dengan yang lain-lain," ujarnya, dalam  sebuah diskusi publik di Ibis Hotel Jakarta, Rabu 1 November 2017.

Aprindo meminta pemerintah turun tangan memikirkan nasib para karyawan tersebut. Sebab perusahaan tidak memiliki kebijakan khusus soal PHK. "Kita belum tahu, kita serahkan kepada pemerintah, untuk bantu memikirkan lah, kan kita enggak," imbuh dia.

Sementara itu, kebijakan penaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) di 2018 sebesar 8,71 persen bakal dipatuhi oleh para pengusaha ritel. Namun kebijakan tersebut dinilai hanya tepat untuk sektor bisnis yang baru tumbuh.

"Kami ingin perhatian pemerintah sehingga kami mendapat kekuatan untuk bertahan,” tutup dia.

Sebelumnya sudah ada beberapa pelaku usaha ritel yang menutup gerai usahanya, mulai dari 7-Eleven, PT Matahari Department Store. Terbaru, Lotus Department Store dan Debenhams akan ditutup oleh PT Mitra Adi Perkasa Tbk pada akhir bulan Oktober dan akhir tahun ini.


(ABD)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

6 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA