Menkeu: Moratorium Proyek tak Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 21 Feb 2018 12:52 WIB
pertumbuhan ekonomiKecelakaan Infrastruktur
Menkeu: Moratorium Proyek tak Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
Menkeu Sri Mulyani. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan moratorium atau penghentian sementara beberapa proyek infrastruktur tidak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang tahun ini ditargetkan 5,4 persen.

Ani sapaan akrab dirinya mengatakan moratorium dilakukan untuk mengkaji kualitas proyek infrastruktur yang dalam tahap pembangunan saat ini, terutama setelah adanya insiden kecelakaan konstruksi di beberapa pengerjaan proyek.

"Ini dilakukan untuk me-review kualitas, kalau kita membangun suatu konstruksi yang kualitasnya buruk, bahkan bisa mencelakakan orang dan menimbulkan kualitas infrastruktur merosot, maka tak akan mencapai tujuan," kata Ani di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Februari 2018.

Infrastruktur ditujukan untuk mempermudah akses dan menciptakan efisiensi kegiatan ekonomi. Apabila kualitasnya buruk, maka dipastikan tujuan tersebut tak akan tercapai.

"Jadi, jangka panjang (moratorium) enggak ada pengaruhnya, tapi justru akan lebih baik," jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, beserta kontraktor pelaksana pekerjaan proyek-proyek infrastruktur telah mengadakan rapat.

Mereka membahas insiden jatuhnya pier head proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), kemarin. Rapat sepakat menghentikan sementara proyek-proyek pembangunan infrastruktur layang kategori berat.

Basuki menjelaskan kesepakatan itu diambil agar proyek pembangunan infrastruktur berjalan terus. Sehingga, tidak ada lagi kecelakaan kerja.

 


(AHL)