Layanan Paytren Yusuf Mansyur Bisa Kena Sanksi Jika tak Ikuti PBI

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 06 Oct 2017 22:30 WIB
bank indonesia
Layanan Paytren Yusuf Mansyur Bisa Kena Sanksi Jika tak Ikuti PBI
Yusuf Mansyur. (MI/SUMARYANTO BRONTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menyatakan layanan pembayaran elektronik Paytren milik Yusuf Mansyur bisa kena sanksi jika tak mengikuti peraturan Bank Indonesia (PBI).

Agus mengatakan jika sebuah institusi atau perseorangan ingin menjalankan bisnis uang elektronik maka harus meminta izin terlebih dahulu dari Bank Indonesia. Dia bilang otoritas harus memastikan dan meyakini institusi yang dihimpun dari masyarakat sesuai dengan PBI.

"Oh iya dong (sanksi), kami tidak mau ada aktivitas yang tidak sesuai aturan. Ini sifatnya mengingatkan," kata Agus di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat 6 Oktober 2017.

Agus mengatakan dari semua institusi yang sudah menjalankan layanan uang elektronik, yang perlu dapat izin BI baik kategori open loop atau bisa digunakan untuk banyak fungsi seperti e-money yang bisa digunakan untuk transaksi TransJakarta, KRL, belanja, maupun closed loop yang hanya digunakan di foodcourt dengan dana di atas Rp1 miliar.

Baca: BI Hentikan Sementara Layanan PayTren Milik Yusuf Mansur

"Kalau jumlahnya tidak besar lalu dipakai kalangan sendiri kami pahami. Tapi kalau jumlahnya di atas tertentu dan institusi banyak yang jumlahnya sudah besar sekali, kami harus yakini dia punya SOP, tata kelola manajemen risiko yang baik. Jangan sampai nanti membahayakan konsumen," jelas dia.

Seperti diketahui, BI menghentikan sementara layanan pembayaran elektronik Paytren milik Yusuf Mansyur. Layanan isi ulang dompet elektronik tersebut dihentikan selama proses perizinan berlangsung.

Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Pungky Purnomo Wibowo mengatakan, Paytren dihentikan sementara karena belum memiliki izin dari bank sentral selaku otoritas sistem pembayaran.


(AHL)