2018, Tingkat Kemiskinan Ditargetkan Bisa Ditekan Single Digit

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 09 Jan 2018 19:24 WIB
kemiskinan
2018, Tingkat Kemiskinan Ditargetkan Bisa Ditekan <i>Single Digit</i>
Kemiskinan. ANT/Adang Bustomi.

Jakarta: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menargetkan tingkat kemiskinan di tahun 2018 bisa ditekan pada level single digit.

Saat ini, angka kemiskinan terakhir di September 2017 berada level 10,12 persen. Angka tersebut mengalami penurunan 0,58 persen dibanding setahun lalu yang sebesar 10,70 persen.

"Bagaimana caranya kemiskinan enggak lagi double digit, tapi single digit," kata Bambang di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2018.

Dia mengatakan, ada beberapa cara untuk mencapai target tersebut, di antaranya yakni dengan menggelontorkan beragam bantuan sosial, mulai dari kartu Indonesia sehat (KIS), kartu Indonesia pintar (KIP), program keluarga harapan (PKH) yang dinaikkan target penerimannya dari enam juta kepala keluarga menjadi 10 juta kepala keluarga, bantuan pangan nontunai, serta program cash for work.

Mantan menteri keuangan ini mengatakan ada penelitian yang mengatakan apabila program-program tersebut bisa diintegrasikan, maka bisa mengurangi kemiskinan sebanyak dua persen.

Adapun program yang diintegrasikan, lanjut Bambang, lebih utamanya yakni perlindungan sosial seperti kesehatan dan juga penerima bantuan di kelompok tertentu yakni yang paling miskin yang wajib diberikan paket lengkap.


(SAW)