BI: Penurunan Harga Komoditas Makanan Penyebab Deflasi

   •    Sabtu, 10 Mar 2018 18:07 WIB
inflasibank indonesiaekonomi daerah
BI: Penurunan Harga Komoditas Makanan Penyebab Deflasi
Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)

Jambi: Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi Bayu Martanto menjelaskan deflasi Provinsi Jambi pada Februari 2018 yang tercacat sebesar 0,17 persen disebabkan terjadinya penurunan harga komoditas makanan. Diharapkan tingkat inflasi di Jambi bisa terus terjaga dan nantinya mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Perkembangan deflasi Provinsi Jambi disumbang oleh Kota Jambi yang tercatat deflasi 0,83 persen (bulan ke bulan/mtm) dan Kabupaten Bungo 0,13 persen (mtm) atau secara tahunan tercatat mengalami inflasi sebesar 3,55 persen ( tahun ke tahun/yoy)," kata Bayu, di Jambi, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 10 Maret 2018.

Dijelaskannya deflasi Kota Jambi pada Februari 2018 utamanya disebabkan oleh penurunan harga komoditas makanan yaitu daging ayam ras, cabai merah, bayam, kangkung, ikan nila, daun singkong, udang basah, tomat sayur, ketimun dan telur ayam ras.

"Di samping itu juga dipengaruhi oleh penurunan tarif angkutan udara pada kelompok administered price," kata Bayu.

Sejalan dengan kondisi di Kota Jambi, deflasi Kabupaten Bungo kata Bayu didorong terutama oleh penurunan harga komoditas volatile food dan administered price. Komoditas volatile food yang menjadi penyumbang utama deflasi pada Februari 2018 di Bungo adalah daging ayam ras, cabai merah, gula pasir, ikan gabus, cakalang, minyak goreng, cabai rawit dan ikan teri.

"Sedangkan komoditas administered price yang mengakibatkan terjadinya deflasi pada Februari 2018 adalah bahan bakar rumah tangga dan angkutan udara," pungkasnya.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA