Pengadaan Beras Sulteng Melebihi Target Nasional

   •    Kamis, 07 Dec 2017 22:02 WIB
stok berasbulog
Pengadaan Beras Sulteng Melebihi Target Nasional
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Ahmad Subaidi)

Palu: Pengadaan beras di Provinsi Sulawesi Tengah saat ini sudah melebihi target nasional dan Bulog tetap gencar membeli beras petani. Adapun pada musim panen 2017, Bulog memberikan target kepada Divre Sulteng membeli beras untuk kebutuhan stok nasional di daerah ini sebanyak 42.160 ton.

"Hingga akhir November 2017 Bulog Sulteng telah menyerap beras petani sekitar 42.700 ton," kata Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Bulog Sulawesi Tengah Bahar Haruna, seperti dikutip dari Antara, di Palu, Kamis, 7 Desember 2017.

Meski terget telah tercapai dan sudah melebihi target, lanjutnya, bukan berarti Bulog tidak lagi menyerap. Bulog masih tetap melakukan pembelian sampai panen di Sulteng berakhir. Bulog baru akan berhenti membeli beras kalau musim panen di sentra produksi sudah habis.

"Selagi masih panen, Bulog tetap membeli beras petani guna mengamankan harga beras di tingkat petani jangan anjlok di bawah standar harga yang telah di tetapkan pemerintah," kata dia.

Bahar mengaku untuk kali pertama realisasi pengadaan beras di Sulteng melampaui target yang ditetapkan Perum Bulog. Menurut dia, ini merupakan prestasi karena baru pertama kali selama ini dan juga menempatkan Sulteng sebagai peringkat teratas nasional dalam pengadaan beras.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah yakni gubernur dan para bupati. Bahar mengatakan gubernur dan sejumlah bupati di daerah ini sangat mendukung Bulog dalam pengadaan beras dengan memberikan sekitar 10 persen dari hasil panen petani dijual kepada Bulog.

"Tanpa kebijakan dan dukungan pemdam Bulog tidak mungkin bisa memenuhi target pengadaan beras yang telah ditetapkan Perum Bulog tersebut," pungkasnya.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA