Pemerintah Siapkan Peredam Perang Dagang

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 05 Oct 2018 11:46 WIB
as-tiongkokPerang dagang
Pemerintah Siapkan Peredam Perang Dagang
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Kautsar Widya)

Jakarta: Pemerintah akan terus menyiapkan langkah antisipasi demi meredam gejolak perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Apalagi ketidakpastian perang dagang diperkirakan tidak akan selesai dalam waktu singkat karena kondisinya semakin sulit ditebak.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah tidak tinggal diam. Berbagai kebijakan sudah dijalankan dan akan terus diperbarui demi merespons perubahan kondisi global yang terjadi begitu cepat.

"Oleh karena itu kita harus menyiapkan langkah-langkah untuk jangka menengah tidak lagi sekadar jangka pendek. Apa saja itu, ya tunggu saja kita akan jelaskan," kata Darmin ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Oktober 2018.

Dirinya menambahkan ketidakpastian perang dagang tidak hanya menganggu Indonesia. Secara global, perekonomian dunia juga diprediksi mengalami tekanan karena perang dagang, meskipun dampaknya tidak hanya dirasakan satu atau dua sektor saja.

"Ekonomi dunia itu saja diperkirakan turunnya enggak banyak, tapi ada itu (penurunan pertumbuhan global). Itu yang harus dijaga bukan yang itu, karena kita terganggu capital flow-nya," jelas Darmin.

Aliran modal keluar memang menjadi salah satu penyebab rupiah mengalami pelemahan. Untuk itu, upaya menjaga agar arus dana tetap berada di Indonesia, salah satunya adalah kenaikan BI 7 day reverse repo rate oleh Bank Indonesia (BI) menjadi 5,75 persen.

Adapun dari pemerintah berbagai kebijakan untuk merespons gejolak global telah dilakukan di antaranya menjalankan B20 untuk mengurangi impor migas, menaikan pajak PPh22 untuk 1.147 barang impor, hingga menarik devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri dan mengonversinya ke rupiah.

 


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

5 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA