Pelemahan Rupiah tak Goyang Harga Daging Impor

Ilham wibowo    •    Rabu, 10 Oct 2018 12:12 WIB
rupiah melemahekspor-impor
Pelemahan Rupiah tak Goyang Harga Daging Impor
Daging Sapi -- Foto: Medcom/ Kautsar Bowo.

Jakarta: Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) dinilai belum memengaruhi aktivitas impor daging sapi. Harga jual di tingkat konsumen tetap stabil.

"Daging sapi ini tidak terlalu sensitif pengaruhnya seperti kebutuhan bahan pokok lain, terutama yang terkait dengan impor," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (Aspidi) Thomas Sembiring kepada Medcom.id, Rabu, 10 Oktober 2018.

Hingga kini, harga eceran tertinggi daging sapi impor yang dijual secara ritel yakni Rp80 ribu per kilogram. Walau sudah menyentuh Rp15 ribu per USD, Thomas tak terlalu khawatir lantaran dampak dari dinamika perubahan itu masih minim.

"Masih bisa bertahan, gejolak nilai tukar rupiah ini belum terasa," ungkapnya

Meski demikian, penyesuaian harga bukan tidak mungkin dilakukan mengingat ongkos logistik yang juga bakal menjadi beban pengusaha. Karenanya, Thomas mengharapkan pemerintah tetap menjaga nilai tukar rupiah pada zona hijau sebelum melakukan langkah kenaikan harga di tingkat konsumen.

"Saat ini mungkin (pelemahan) tidak terlalu besar sehingga tidak terasa, tapi kalau rupiah sudah Rp20 ribu terhadap dolar, itu sudah pasti sangat terasa. Semua barang pun pasti mengalami kenaikan harga," tandasnya.


(Des)