Bank Sinarmas Aceh Jadi UUS

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 21 Feb 2019 14:29 WIB
bank sinarmas
Bank Sinarmas Aceh Jadi UUS
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM) mengubah status kantor cabangnya yang berada di Banda Aceh menjadi Unit Usaha Syariah (UUS). Sebelum berganti menjadi perbankan syariah, Bank Sinarmas di Aceh merupakan bank yang berbasis konvensional.

Branch Regional Coordinator Sumatera Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah (UUS) Risman Efendi mengatakan, kantor cabang Bank Sinarmas syariah Banda Aceh dibuka terhitung sejak 11 Februari 2019. Diharapkan masyarakat bisa menikmati berbagai layanan yang ada termasuk, tabungan umroh dan haji.

"Kami mengajak seluruh masyarakat kota Banda Aceh untuk dapat menikmati berbagai layanan perbankan syariah antara lain tabungan haji, tabungan rencana haji dan umroh, serta bagi masyarakat yang ingin mendaftar haji juga dapat kami layani," ujar dia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019.

Risman menambahkan pembukaan kantor cabang syariah Banda Aceh ini akan semakin memperluas jangkauan layanan perbankan syariah. Apalagi dengan potensi ekonomi syariah di kota Banda Aceh yang ke depannya diharapkan akan semakin berkembang pesat.

Adapun opening ceremony Bank Sinarmas syariah turut dihadiri Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Aceh Aulia Fadly, Kepala Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Teuku Munandar, serta Branch Manager Bank Sinarmas Syariah UUS Kantor Cabang Banda Aceh Eri Tarigan.

"Kami menyambut baik kehadiran Bank Sinarmas syariah di Kota Banda Aceh dan berharap dapat berkontribusi positif bagi perekonomian masyarakat di kota Banda Aceh," kata Aminullah.

Selain itu, Bank Sinarmas syariah juga menyalurkan wakaf Alqur’an melalui pemerintah kota Banda Aceh, donasi untuk membantu sarana belajar dan mengajar Pondok Pesantren, serta pembukaan rekening tabungan simpanan pelajar (simple Ib) sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Pada September 2018 lalu, Bank Sinarmas melalui unit usaha syariah memfasilitasi nasabah calon haji dalam mendapatkan porsi haji dengan Tabungan Simas Haji IB. Sebagai tabungan persiapan haji, Tabungan Simas Haji IB bebas biaya administrasi, mendapatkan bagi hasil, dan bertransaksi dengan kartu ATM GPN milik Bank Sinarmas.

"Dengan jaringan cabang yang ada, harapan kami penerimaan setoran Haji dapat dilakukan di seluruh cabang Unit Usaha Syariah Bank Sinarmas dan memberikan kemudahan bagi calon Jemaah Haji yang ingin mendaftar Haji," ujar Direktur Sharia Bank Sinarmas Halim.

Untuk tahun ini, Bank Sinarmas menargetkan ada 600 booking seat dari nasabah melalui Tabungan Simas Haji IB. Sedangkan pada 2019, Bank Sinarmas menargetkan akan ada 2.000 nasabah yang mendaftarkan ibadah hajinya melalui Tabungan Simas Haji IB.


(AHL)