Asperindo Ingin Bicarakan Tarif Kargo dengan Maskapai

Nia Deviyana    •    Rabu, 06 Feb 2019 19:27 WIB
bisnis maskapai
Asperindo Ingin Bicarakan Tarif Kargo dengan Maskapai
Illustrasi. MI/Angga Yuniar.

Jakarta: Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) berharap bisa bertemu pihak maskapai untuk membicarakan tarif kargo udara yang dinilai memberatkan pengusaha logistik.

"Dalam hal ini kami berharap pihak airline untuk duduk bareng. Mudah-mudahan pemerintah dalam hal ini bisa memfasilitasi dan memediasi agar dalam kesepakatan ada win-win solution," ujar Ketua Umum Asperindo Muhammad Feriadi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu, 6 Februari 2019.

Feriadi menjabarkan presentase kenaikan tarif kargo udara beberapa maskapai sejak Juni 2018 hingga Januari telah mencapai 300 persen. Dia mencontohkan Garuda Indonesia, telah melakukan penaikkan sebanyak enam kali. 

"Pemberitahuannya juga sangat singkat. Hari ini diberitahukan naik, tahu-tahu besok sudah berlaku," tambah Feriadi.

Asperindo sedang mencari solusi untuk menyiasati naiknya tarif kargo angkutan udara, salah satunya dengan mempertimbangkan kemungkinan menyewa pesawat (charter flight) untuk menekan biaya operasional.

"Asperindo sedang mengupayakan untuk melakukan charter flight, bahkan memiliki operator sendiri dengan harapan bisa diutilisasi anggota kami. Mudah-mudahan harganya jauh bisa diterima anggota Asperindo," pungkasnya.


(SAW)