Menaker: Angka Kemiskinan dan Ketimpangan Sosial Menurun

Desi Angriani    •    Senin, 15 May 2017 15:52 WIB
kemenaker
Menaker: Angka Kemiskinan dan Ketimpangan Sosial Menurun
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri . ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri dalam Rakernas IPEMI 2017 menyebutkan angka kemiskinan di Indonesia mengalami penurunan dari sekitar 11,3 persen turun menjadi 10,7 persen. Sedangkan angka ketimpangan sosial menurun dari 0,41 menjadi 0,39 persen.

"Kemiskinan dari sekitar 11,1 persen turun menjadi 10,7 persen. Ketimpangan yang bisa kita lihat gini rasio dari 0,41 jadi 0,39," kata Hanif dalam sambutannya di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin 15 Mei 2017.

Sementara itu, tingkat pengangguran di Tanah Air juga diklaim Hanif mengalami penurunan. Sebelumnya pada Agustus 2016 angka pengangguran sebesar dari 6,18 persen menjadi 5,2 persen pada Februari 2017.

"Pengangguran Agustus 2016 sebesar 6,18 persen sekarang Februari turun ke 5,2 persen," ungkap dia.

Hanif pun mengaku optimistis meski data kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran belum turun secara signifikan. Bagi Hanif ketiga permasalahan tersebut merupakan hal wajar yang dihadapi negara berkembang. 

"Alhamdulillah saat ini kalau kita lihat data statistknya ini menurun walaupun tingkat menurunnya belum sesuai dengan yang kita harapkan," ungkap dia.

Pemerintah, katanya terus berupaya mensejahterakan masyarakat lewat program nawacita. Khususnya mencegah dan menghadapi faktor-faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi nasional.

"Namun saat ini pemerintah memastikan angka-angka tersebut bisa diturnukan dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat," pungkas dia. 


(SAW)