Bank Dunia: Ketimpangan tak Hanya Tanggung Jawab Pemerintah

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 30 May 2017 15:18 WIB
kesenjangan sosial
Bank Dunia: Ketimpangan tak Hanya Tanggung Jawab Pemerintah
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Rendhik)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Dunia (World Bank) menilai masalah ketimpangan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mengentaskan, namun menjadi tanggung jawab bersama.

Dalam acara seminar nasional bertajuk Indonesia menuju ekonomi berkeadilan, Kepala Ekonom Bank Dunia Vivi Alatas mengatakan masyarakat pun memiliki peran dalam mengentaskan ketimpangan yakni melalui pentingnya membayar pajak.

"Bukan tugas pemerintah saja. Pelaku-pelaku kunci, yang penting bayar pajak, jadi Indonesia punya ruang untuk mengatasi ketimpangan," kata Vivi di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa 30 Mei 2017.

Baca: Menkeu Paparkan Pentingnya Tekan Ketimpangan Antar Masyarakat

Vivi mengatakan, uang dari pembayaran pajak yang terkumpul menjadi alat dalam mengatasi kemiskinan. Dia bilang, instrumen fiskal  bisa menjadi alat yang penting untuk mengatasinya, yakni dengan adanya kebijakan bantuan sosial memalui cash transfer.

Namun sayangnya, di Indonesia, penggunaan instrumen fiskal melalui cash transfer pada masyarakat masih sangat kurang jika dibanding dengan negara lain yang menerapkan kebijakan serupa untuk mengatasi ketimpangan.

"Di Indonesia belum efektif untuk kurangi ketimpangan, karena direct transfer masih 0,5 persen, di Argentina sudah 3,7 persen," ujar dia.

Oleh karenanya, lanjut Vivi, penting bagi masyarakat membayar pajak demi mengatasi ketimpangan.

 


(AHL)