Bank Pastikan Kesediaan e-Money Cukup Dukung Transaksi Nontunai di Jalan Tol

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 08 Sep 2017 19:10 WIB
jalan toltransaksi non tunai
Bank Pastikan Kesediaan e-Money Cukup Dukung Transaksi Nontunai di Jalan Tol
Ilustrasi. (FOTO: MI/IMMANUEL ANTONIUS )

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah telah menetapkan pelaksanaan transaksi nontunai di seluruh jalan tol akan mulai diterapkan pada 31 Oktober. Saat ini PT Jasa Marga (Persero) Tbk secara bertahap tidak akan menerima transaksi nontunai di beberapa gerbang tol.

Untuk mendukung upaya tersebut, maka perbankan selaku penerbit uang elektronik (e-money) harus siap dalam memasok kebutuhan e-money. Pasalnya masih ada 3,5 juta transaksi yang belum menggunakan nontunai sehingga kebutuhan e-money diperkirakan meningkat.

"Bisa dibayangkan kalau 31 Oktober jadi nontunai, 3,5 juta kendaraan harus memiliki kartu tersebut, dan ini pasti akan chaos," kata VP Digital Banking & Financial Inclusion Bank Mandiri Nandan Sanjaya di Kantor Pusat Jasa Marga, Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jumat 8 September 2017.

Dirinya mengimbau jika masyarakat yang biasa menggunakan jalan tol harus menyiapkan e-money sejak sekarang ini. Apalagi sebelum penetapan kewajiban transaksi non tunai di jalan tol pada Oktober mendatang, bank memberikan diskon untuk setiap pembelian e-money baru.

"Bangsa ini memang biasanya last minute nanti Oktober baru buru-buru beli. Padahal sudah bisa beli dari sekarang dan harganya lebih murah dari bulan Oktober. Kedua bahwa kita harus mulai mengubah kebiasaan pengguna jalan tol. Dengan ini pengguna harus punya kartu dan harus top up," jelas dia.

Untuk keperluan top up (isi ulang) e-money sendiri empat bank Himpunan Bank Negara (Himbara) Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN, serta satu bank swasta yaitu BCA sudah menyiapkan banyak lokasi. Bisa melalui ATM, toko Ritel, hingga top up melalui ponsel yang memiliki fitur NFC.

"Tempat top up, kami sudah identifikasi tempat mana saja yang diperlukan selain ATM, minimarket, juga bisa dilakukan lewat HP yang ada NFC. Terus sampai 31 Oktober ini di gerbang tol ada harga khusus. Kalau kepepet banget di gerbang tol ada fasilitas untuk top up tunai," kata VP e-Banking BNI, Dyah Permata Widiastuti.


(AHL)