Bandara Kertajati jadi Tempat Berangkat Jemaah Haji

Desi Angriani    •    Selasa, 12 Sep 2017 21:42 WIB
haji
Bandara Kertajati jadi Tempat Berangkat Jemaah Haji
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan. ANTARA FOTO Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon jemaah haji asal Jawa Barat akan diberangkatkan dan pulang lewat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati tahun depan. Bandara yang berlokasi di Kabupaten Majalengka ini siap beroperasi pada Mei 2018.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan mengatakan, pembangunan infrastruktur bandara sudah mencapai 55 persen tinggal menambah panjang runway menjadi 3.300 meter dan jalan penghubung ke tol.

"Semua udah sepakat target haji tahun depan sudah disitu, sekarang kita selesaikan infrastrukturnya," kata Luhut di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa 12 September 2017.

Sementara Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, saat ini baru ditanda tangani kesepakatan kerja sama pengelola bandara antara Angkasa Pura II, manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan Pemprov Jawa Barat.

"Tadi baru diteken MOU antara BIJB dan AP II," imbuh dia.

Agus menuturkan, pembangunan bandara ini merupakan hadia dari Presiden Joko Widodo untuk masyarakat Jawa Barat. Kertajati sebagai nama bandara, katanya juga belum menjadi nama resmi.

"Ini kado dari pak Jokowi untuk memberikan kepada masyarakat Jabar ini bisa terbang direct dari bandara jabar sendiri," tutur dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, beroperasinya bandara Kertajato akan mengurangi beban bandar Soekarno-Hata dan bandara Halim Perdanakusuma dalam memberangkatkan jemaah haji setiap tahunnya.

"Seperti yang disampaikan tadi, kita ingin memindahkan haji ke sana, kertajati sehingga tidak membebani Soekarno Hatta dan Halim," ungkap Budi.

Ditempat yang sama Gubernur Jawa Barat Ahmad Herywan mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jabar akan menganggarkan pelebaran jalan bukan tol sebagai penghubung Tol Cipali dengan BIJB sepanjang 4 kilometer. Pembebasan lahan untuk pelebaran jalan juga akses tolnya, kata dia, bisa dimulai 2017, dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp120 miliar.

"Dengan demikian, dari Cipali, kendaraan bisa mencapai BIJB melewati jalan umum yang sudah dilebarkan, atau melalui jalan tol," kata Aher.

Adapun rencananya Bandara Kertajati melayani 14 rute penerbangan, terdiri dari 10 rute penerbangan domestik dan 4 rute penerbangan internasional.

Untuk rute penerbangan‎ internasional, bandara ini akan melayani penerbangan ke Arab Saudi untuk umroh dan haji, Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia dan Bangkok, Thailand. Sedangkan domestik di antaranya, Medan, Bali, dan Surabaya. Saat ini maskapai penerbangan yang sudah berkomitmen akan membuka rute ‎penerbangan di Bandara Kertajati adalah Citilink, Qatar Airlines, Sriwijaya.


(SAW)