Gedung di Jakarta Masih Sedikit yang Miliki Sertifikat Green Building

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 15 Sep 2016 18:56 WIB
investasi propertiproperti
Gedung di Jakarta Masih Sedikit yang Miliki Sertifikat <i>Green Building</i>
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak gedung di kota-kota besar yang sudah memiliki aspek untuk green building, namun hanya sedikit yang memiliki sertifikat tersebut.

"Di luar negeri, seperti Amerika, memiliki sertifikat ini adalah suatu keharusan, namun di Indonesia masih imbauan," ujar CEO PT. Leads Property Services Indonesia Hendra Hartono, dalam acara Pengumuman Nominasi Indonesia Property Awards 2016, di Fairmont Hotel, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Ia menjelaskan, pembangunan gedung yang sesuai dengan ketentuan tersebut memang membutuhkan biaya yang lebih besar daripada biasanya. Sehingga hal ini menjadi pertimbangan yang memberatkan bagi beberapa pengembang.

Menurut dia, sebuah gedung bisa memiliki sertifikat green building bila memenuhi beberapa persyaratan seperti hemat energi, kaca ganda untuk mengurangi tingkat kebisingan, sirkulasi udara yang baik, hingga beberapa hal lain yang membuat gedung baik untuk dihuni oleh masyarakat dan menjaga lingkungan.

Namun kini, seiring berjalannya waktu, justru masyarakat yang tinggal di kota besar yang mempertanyakan ketiadaan dari fasilitas tersebut.

"2010, jumlah green buliding yang mendapat sertifikasi tak sampai satu lusin. Saya rasa kini pastinya sudah berlipat ganda paling tidak," pungkas dia.


(AHL)