Jika Ekspektasi Inflasi Meleset, BI Siap Naikkan Suku Bunga

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 20 Apr 2017 19:42 WIB
suku bunga
Jika Ekspektasi Inflasi Meleset, BI Siap Naikkan Suku Bunga
Illustrasi. MI/Usman.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut adanya potensi untuk menaikan tingkat suku bunga acuan. Saat ini BI 7 day reverse repo rate berada pada level 4,75 persen atau tak mengalami perubahan sepanjang tahun ini.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Dody Budi Waluyo mengatakan, saat ini stance kebijakan moneter BI masih normal. Namun kondisi tersebut bisa saja berubah sehingga memaksa bank sentral untuk menaikkan suku bunganya.

baca : BI Tahan Suku Bunga Acuan di Level 4,75%

"Stance masih sama netral sama dengan bulan lalu. Tapi lebih kepada posisi netral bias artinya kita siap untuk menaikkan suku bunga kalau kondisi mengarah ke kondisi tersebut," ujarnya di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 20 April 2017.

Dirinya menambahkan, berbagai risiko yang bisa menekan moneter masih ada. Salah satunya adalah tekanan dari sisi inflasi yang jika keluar dari perkiraan maka BI bisa saja menaikan suku bunga acuan yang saat ini berlaku.

"Artinya di kondisi sekarang ini suku bunga atau policy rate kita mampu untuk mencapai sasaran inflasi empat plus minus satu persen. Jadi di kondisi sekarang tidak ada risiko untuk kita melakukan perubahan," jelas dia.

Selain inflasi, BI memandang jika risiko baik dari global maupun domestik masih ada. Dengan begitu BI akan berhati-hati jika seandainya memang perlu menaikan suku bunga maka akan dinaikan.

"Seandainya kita lihat gangguan ekspektasi inflasinya meningkat atau ekspektasi depresiasi melemah, dengan risiko-risiko yang muncul di global maupun domestik, BI tentu akan lakukan kalkulasi ulang terhadap policy rate kita. Tapi hari ini sudah netral," pungkasnya.





(SAW)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

22 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA